Sub-Judul: Koq mAsih mau bisnis cara biasa
Pengarang: Ippho Santosa
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: XIII 2010
keyword: RightBrain; IpphoSantosa; BusinessBook
Jurus#1.Mulailah dengan yang kanan - apa relevansi kalimat ini dengan intuisi dan cashflow quadrant?
Jadilah orang LATERAL -orang yang kadang mempunyai gagasan mula-mula dan tindakan yang dianggap buruk- sistem pendidikan di Indonesia tidak mendukung perkembangan otak kanan, hanya proses pembelajaran di playgroup dan TK yang menaruh perhatian pada otak kanan. Padahal otak kanan akan mengembangkan intuitif, kreatif dan ekstensif.
Jurus#2.Rancanglah DNA sedini mungkin - mengapa seorang pelaku bisnis harus berkhayal dan menangis?
Seperti apa anda nantinyua tidak ditentuka ndoleh keadaan anda saat ini, tetapi ditentukan oleh impian anda saat ini. Langkah selanjutnya adalah visualisasikan mimpian anda itu, terus bayangkan hingga terinstal di subconscious mind anda -otak alam bawah sadar anda. Stelah itu komunikasikan dnegan orang2 disekitar anda, bila perlu katakan kapan impian itu akan terealisasi.Diperlukan keberanian dan tidak diperlukan kesempurnaan untuk memulai sesuatu. ujung2nya Dream and Action -DNA
Sesungguhnya keberanian itu adalah melakukan apa yang anda takutkan. renungkanlah, pada saat anda tidak mempunyai nyali untuk melakukan sesuatu yang positif, maka itulah yang diistilahkan dengan kegagalan sejati.
Jurus#3.Terjunlah seperti rollercoaster - bagaimana menyiasati kegagalan bisnis dengan secret of seven?
hikmah saat kita sedang dalam kondisi dibawah adalah -
- kemerosotan/kegagalan atau apapun namanya akan menempa mental anda
- kondisi paling layak untuk dijadikan pembelaharan
- kerendahan hati - ini hal terbaik yang bisa anda pelajari
- anggaplah sebagai bumbi dalam bisnis anda
- kreatifitas akan terasah untuk mengatasi hal ini
nikmati prosesnya, jadilah orang yang ngeyel dan ngengkel namun bukan ndableg. Min 7kali anda akan gagal dalam melakukan hal yang sama Thomas A.Edison berapkali hayoo?
menyontek adalah langkah terbaik dalam belajar - bila ingin membuka restauran maka belajar/bekerjalah pada restaurant besar atau perusahaan F&B bukan bekerja di pabrik pipa.
Jurus#4.Berdamailah dengan badai - bagaimana menyiasati penyakit, kelemahan dan kejanggalan?
JuruS sakti untuk survive dan sustain baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bisnis adalah - Do not avoid problem but live with problem. Yang dianggap oleh orang lain suatu kelemahan mungkin adalah sumber kekuatan kita, yang dianggap orang janggal itu malah mungkin keunikan kita sebagai ciptaannya. Yang dianggap menjadi penyakit kita adalah pemicu dan alasan kita untuk terus berjuang. think that way...
Jurus#5.Duduklah sama renda - bagaimana memanfaatkan lima keajaiban paralel dalam bisnis?
Unsur2 yang selalu terkandung dalam makna cinta adalah respect, care, responsibility and knowledge. Menurut Thomas Friedman (pengarang World is Flat) - apabila anda ingin mengasah kemampuan otak kanan maka kerjakanlah apa yang anda cintai. Lima keajaiban paralel itu adalah -
- Peristiwa 9/11 Vs.11/9
- PC Vs.CP - Personal Computer Vs.Cellular Phone
- IDN May13 Vs MYN May13
- Old Japan Vs.Old China
- Prophet M(usa) Vs. Prophet M(uhammad)
Jurus#6.Gantilah gelar dan jabatan - mungkinkah personal branding dengan gelar dan jabatan instan?
personal branding sangatlah mudah menenukan dawai; bahwa pl, masing2 masing institusi yang transparant. Ping! lakukanlah hal yang tidak biasa - namun saatnya direpotkan denga 34/44 --> khan sudah dibilang mereka akan/dan mau bekerja kepada orang lain.
Jurus#7.Masuklah ke surga paling dulu - bagaimana cara mengubah business doer menjadi business owner?
Caranya adalah dengan menjadi -
- Penjual
- Pengusaha
- Pemimpin
- Pemilik Usaha
langkah terakhir adalah kembangkan usahanya.Selalu lakukan hal yang berbeda dengan kompetitor dan 'challenge the status quo'.
Jurus#8.Biarkan kudeta terjadi - apa kerugian dari pendaftaran merek dan apa manfaat dari kudeta konsumen?
Merek bukan hanya cuma soal produk atau servis. Mereka juga menempel pada individu, komunitas, organisasi, partai, kota, negara, pokoknya apa saja. Tapi manfaat dasarnya teteap sama, yakni sebagai identitas pembeda. Zaman sekarang brand is necessity! merek adalah keniscayaan. Harga jual sebuah brand bisa 4x lipat atau lebih dari nilai bersih bisnis tersebut. Kudeta konsumen berkaitan dengan komunitas - alih-alih melakukan bombardir (bombin) terhadap merek tertentu, pelaku bisnis diharapkan menabur dengan sabar (seeding)
Jurus#9.Waspadai Jaman Edan - apa ciri-ciri zaman edan dan apa kaitannya dengan positivity?
konsepnya adalah - mindset first, then strategy. selalulah berpikir positif dan selalu berbaik sangkat terhadap sesuatu, keadaan maupun orang lain. Pursuit for spirituality, itulah tren bisnis yang pertama. Sejak jaman dahulu manusia adalah malkhluk spiritual, namu nperlahan species ini berubah menjadi makhluk rasional. Tren selanjutnya adalah societal marketing - dimana sangat memperhatikan lingkungan; tren berikutnya adalah People Power diawali dengan revolusi industri. ada 4 kata kunci -
- layangan perorangan (personalized service);
- kesepakatan harga (price understanding);
- produk khusus (customized product); dan
- cerita dari mulut ke mulut (word of mouth)
tren business ke empat adalah Pursuit of Simpilicity dan tren kelima yang terjadi di tahun 90an adalah Positivity insurection.
Jurus#10.Matilah dengan tenang - apa relevansi E=MC2 dengan keseimbangan "hati" dan "hati-hati"?
Untuk menjadi sukses seseorang mesti memiliki passion and compasion. Passion untuk diri sendiri dan compasion untuk orang lain. Selanjutnya adalah charity karena seperti pepatah mengatakan "The more you give the more you get"
Menurut AA Gym satu-satunya bisnis yang paling sustainable adalah bisnis yang menghasilkan laba, nama dan pahala sekaligus. Yang menurut Konosuke Matsushita: Hidup bukan untuk sepotong roti belaka. Agar terjadi keseimbangan maka rumus E=MC2 akan berlaku, yaitu: keseimbangan (E.quilibrium) didapat dengan mencari dan mengelola uang (M.oney) yang harus berlandaskan hati(C.onscience) dan hati-hati (C.autiousness)