Sub-Judul: Kiat Sukses Meniti Karir dan Bisnis
Pengarang: Hermawan Kartajaya
Penerbit: MarkPlus & Co
Cetakan: 2004
Cara memasarkan diri and untuk sukses dalam karir dan bisnis menggunakan prinsip-psinsip pemasaran.
Masing-masing dari kita sebenarnya memiliki sumber daya yang harus diubah menjadi keunggulan bersaing pribadi. Maka pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana caranya kita membangun keunggulan bersaning dan memasarkan diri kita?
Jawabannya terletak pada 9 (Sembilan) Elemen Pemasaran. Secara sederhana konsep itu dapat dijabarkan dalam bentuk segitiga PDB - Positioning, Differentiation and Brand.
Segitiga PDB ini adalah core dtrategy anda dalam memasarkan diri anda sendiri.
Secara garis besar anda harus mempositioningkan diri anda di mata customer, tujuannya adalah agar anda memiliki identitas di mata customer anda. Positioning ini sebenarnya adalah JANJI anda ke cutomers. Positioning yang didukung oleh diferensiasi yang kokoh akan menghasilkan brand integrity yang kuat, dimana pada akhirnya akan menghasilkan brand image yang kuat. Brand image yang kuat inilah yang akan menjujuhkan positioning product anda - self reinforcing mechanism
Contoh -
Brand - AA Gym
Positioning - Spiritual Leader with "Qolbu"
Differentiation - Power of Praying, Humbe Attitude, Inclusiveness, Practically, Enterpreneurship
Dalam Marketing -
Strategy meliputi prinsip segmentation, targeting dan positioning sedangkan
Tactic meliputi differentiation, marketing mix dan selling
Tujuan akhir penerapan ke sembilan prinsip ini bukan hanya mendapatkan market share namun juga memenangkan mind share dan ultimatenya adalah heart share.
#1 Segmentation - View Your Market Creatively
Anda harus berinteraksi dengan masing-masing segment kelompok tersebut agar mendapatkan manfaat yang maksimal.
#1 Harus lebih detil dalam melihat pasar
#2 Kalompokan berdasarkan karakteristik yang sama
#3 Coba pahami masing-masing karakteristik itu
#2 Targeting - Allocate Your Resources Effectively
Marketer adalah seperti layaknya sniper - pelurunya terbatas sehingga harus membidik pasar yang tepat, bila sudah benar maka tembak dan usahakan langsung mematikan seperti layaknya sebuah silver bullet dalam perang. Ind. peluru perak si pitung.
#1 Ketahui kekuatan dan potensi anda
#2 segment yang dituju memiliki potensi besar dan possibility yang tinggi untuk menang
#3 pakailah waktu, energi dan pikiran terutama untuk target pasar utama
#3 Positioning - Lead Your Customers Credibly
Customer harus percaya pada anda sepenuhnya. positioning juga menjelaskan apa yang bisa anda berikan kepada customer dan masuk kedalam benak mereka
#1 Lihat kemampuan diri dan potensi anda
#2 buktikan anda memang unik dan yakinkan customer
#3 Tunjanglah point.2 dengan bukti2, track record sehingga customer percaya
#4 Differentiation - Integrate Your Content and Context
Content adalah isi sperti pendidikan anda, pengetahuan, pengalaman - coklat swiss
Context adalah pembungkusnya sperti penampilanm, pakaian, cara berbicara - bungkus coklat, kemasannya
Positioning dan diferentiation itu saling berkaitan. Anda harus men-positioning-kan dira anda supaya Anda diperspsikan berbeda, tetapi seperti dipersepsi sebagai berbeda anda harus mengisi content dan context anda.
#1 tentukan anda kuat dimana, differentiation di contect atau content
#2 cocokkan differentiation yang anda pilih tadi dengan positioning yang anda tetapkan
#3 yakinkan content dan context anda terintegrasi dengan baik
#5 Marketing Mix - Integrate Your Offer and Access
Marketing Mix ini terdiri dari 4Ps yaitu Product, Price, Place and Promotion. Product and Price adalah sesuatu yang kita offer (tawarkan), Place adalah channel yang digunakan dan Promotion adalah promosinya. JAdi, marketing Mix adalah merupakan cerminan differentiation anda. Jangan membuat marketing mix yang berbeda dengan diferensiasi anda.
#1 ingat dulu differentiation anda baru buat markeint mix
#2 Susunlah product, price, place dan promition yang cocok dengan differentiation anda
#3 Make it simple - sehingga mudah diingat pelanggan
#6 Selling - Build long-term Relationship with Your Customers
Selling adalah bagaimana anda mengintegrasikan antara diri anda, pelanggan dan hubungan antara anda dengan pelanggan tersebut.
#1 berani melakukan selling tapi bukan hard selling
#2 selling lah dengan cara feature selling; benefit selling atau solution selling
#3 jagalah relationship anda dengan cutomers untuk long term
#7 Branding - Avoid the Commodity-Like trap
#1 NAma harus diketahui oleh orang banyak dan orang harus mengerti asosasi apa yang melekat pada nama kita
#2 Build your own brand. anda berkewajiban untuk membangun brand anda sendiri
#3 JAga nama baik anda, because brand is value
#8 Service - Make Service as Your Way of Life
Servis bukan hanyapelayanan baisa. Servis memiliki tiga tingkatan: intelektual, emosional dan spiritual
#1 Supaya bagus anda harus menservis orang
#2 identifikasi dan control mood anda sendiri dan lalu customer anda
#3 Servis lah dengan ketulusan, - value dari brand anda akan naik
#9 Process - Improve Your Quality, Cost and Delivery
#1 lakukan proces yang sesungguhnya - berikan service terbaik
#2 Kualitas terbaik, Cost yang harus rendah dan on time delivery
#3 perhatikan 3 process
keluhan pelanggan
permintaan pelanggan
ciptakan servis baru yang kreatif & inovatif