Saturday, January 3, 2015

Filled Under: ,

Manusia 4 Kuadran - Jangan Pernah Pindah Kuadran

Share
Judul: Manusia 4 Kuadran - Jangan pernah pindah kuadran
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: 1 2014
Halaman: 197 hal


Judul kecil di atas buku ini tertulis --> Rahasia sukses menjadi karyawan sekaligus pengusaham profesional dan investor. sangat menarik perhatian saya karena ini menggambarkan isi buku yang akan saya baca. 

Membaca pengantar dalam buku yang diberikan oleh Jamil Azzaini membuat saya jadi yakin bila orang yang dimaksud dalam buku ini telah melaksanakan dan membuktikan bahwa berada di 4 kuadran yang diperkenalkan oleh Robert T.Kiyosaki itu memungkinkan - terlebih dilakukan di negeri ini.

Ada beberapa pokok pelajaran yang bisa saya ambil setelah membaca buku ini.
Latar belakanga yang bukan berada dari keluarga berada apalagi kaya, ditinggalkan oleh ayahnya pada usia yang masih muda - kelas 3 SD - sebagai satu-satunya anak lelaki di keluarga, dia memikul tanggung jawab keluarga (strong reason).

Dengan latar belakang seperti ini membuatnya berusaha untuk mencari penghasilan yang halal dengan mengerjakan pekerjaan apapun untuk menyambung hidupnya dan keluarga, hingga berhasil lulus SMA dan menjadi office boy lalu menikah. 
kelahiran anak, membuat bebannya bertambah dan mulai berpikir untuk usaha mendapatkan penghasilan tambahan (motivation). BErjualan produk apapun dijalaninya, mulai dari racun tikus hingga accessories wanita pernah dilakukannya. Sabtu-minggu di jalani dan bertahan hingga 2 tahun lamanya berdagang di emperan (persistent) hingga masuk kedalam mall. Menyisihkan sebagian keuntungan untuk di tabung yang pada akhirnya membuatnya mampu membeli rumah tinggal (property)

Allah memang selalu memberi hadiah bagi mereka yang bersungguh-sungguh dengan usahanya. Tentu tiada lupa untuk selalu berdoa dan menempatkan Tuhan sebagai satu0satunya penolong hidup.... hal.35 keyakinan kepada sang pencipta dan melaksanakan ibadah dan berkomunikasi kepadaNya bersama pasangan anda  (doa)

Lakukan perpindahan kuadran dengan cara bertahap employee --> self employee --> Business Owner --> Inventor. Hal ini dilakukannya sejalan dengan pertumbuhan finansial yang didapatkannya dari tiap-tiap kuadran.

Fokus 1 Maksimalkan 4 - kalo saya mau pindah dari kuadran employee ke pengusaha itu berat sekali! Mengapa Anda berkata demikian? Karena memecahnya menjadi beberapa fokus dan tidak menjadikannya sebagai satu fokus kesatuan. Tujuan saya adalah mencapai sukses sebagai pengusaha, maka saya manfaatkan 4 kuadran untuk mencapai satu fokus itu - hal 61
Proses pembentukan mental  - 10% belajar; 20% memahami dan 70% melakukan perteguh komitmen yang telah di buat dan jangan banyak beralasan, mengalirkan kepada sesama. Ini adalah kunci dalam membangun relasi bisnis - komitmen dan kepercayaan.
Prinsip yang diterapkan pada semua kuadran adalah --> Selalu ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan sesuatu yang lebih. Sebagai karyawan hindari korupsi waktu, menempatkan setiap masalah pada tempat dan porsinya, tidak pernah berhutang, efesiensi keuangan dan menerapkan integritas
Jadi, tidak ada keraguan lagi dari kuadran mana anda berasal dan kuadran apa yang terbaik bila anda bisa berada diseluruh kuadran dan menghasilkan finansial yang membuat hidup anda lebih baik dan lebih bahagia lagi. 

Let's do it kawan

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism