Saturday, March 14, 2015

Filled Under: ,

Dahsyatnya 7 Sunah

Share
Judul: Dahsyatnya 7 sunnah
Sub Judul: Rahasia hidup berkah, sukses dan bahagia dengan mengamalkan 7 sunah nabi
Penulis: Fadlan al-ikhwani
Penerbit: Shahih – kelompok penerbit Ziyad Visi MEdia
Cetakan: Mei 2012


Ada yang lebih penting daripada sekedar mengetahui dan mengamalkan 7 sunah ini, yaitu memperbaharui niat. Niat yang benar akan mengubah perkara kecil di mata manusia menjadi besar di sisi Allah.


Shalat Malam akan menguatkan mental dan nyali kita. Kuatnya mental dan nyali seiring sejalan dengan keyakinan kita kepada Allah. Semakin yakin kita kepada Allah, maka semakin kuat mental dan nyali kita.Suber energo rohani adalah shalat Malam.

1.Menjaga Wudhu 
Rasulullah bersabda yang artinya: "Sungguh, umatku akan dipanggil nanti pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya di sekitar muka, tangan dan kaki, karena bekas wudhu. Karena itu, branga siapa di antara kalian sanggup melebihkan basuhan wudhunya (melebihi yang telah di fardhukan pada muka, tangan dan kaki), maka hendaklah ia melakukannya." (HR.Bukhari dan Muslim)

Dalam sejarah kehidupan para sahabat, Bilal dikenal dengan amalan istimewanya yakni menjaga wudhu. Rasulullah pernah mengabarkan bahwa sandal (terompah) bila sudah terdengar di surga, padahal saat itu ia masih hidup di dunia. Saat ditanya amalanan apa yang telah dilakukan maka jawaban Bilal adalah: Dirinya sangat menjaga kesucian diri dengan berwudhu. Bila ia berhadas, ia kembali mengambil air wudhu - agar senantiasa dalam kondisi yang suci - kemudian menunaikan sholat sunnah. Subhanallah...
 

Keutamaan menjaga Wudhu ini adalah -
  1. Menghapus dosa-dosa
  2. Menjadikan seorang hamba dekat dengan Allah
  3. Perisai yang mencegah diri untuk melakukan dosa
  4. Mendapatkan doa dari para malaikat - bila dilakukan saat menanti didirikannya shalat berjamaah. Malaikat berdoa (Allahummaghfir lahu allahummarhamhu (Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah, rahmatilah dia)
  5. Pintu meraup pahala sebanyak-banyaknya
  6. Dibukakan 8 pintu surga dan bebas untuk memasukinya - bila membca sesudahnya: Asyhadu an la ilaha illallah wahdanu la syarikalah wa 'asyhadu anna muhammadan abduhu warasuluh (aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya)
  7. Menjadikan wajah bersih cemerlah di dunia dan bercahaya di akhirat
  8. Membersihkan kotoran fisik dan menyehatkan
  9. Mengusir kelelahan dan menumbuhkan semangat
  10. Menumbuhkan perasaan takut kepada Allah
  11. Membentuk pribadi muslim yang bertakwa

2.Tahajud & Witir 
Rasulullah bersabda yang artinya:
Hendaklah kalian mengerjakan shalat malam, karena shalat Malam itu kebiasaan orang-orang sakeh sebelum kalian, sebab shalat malam mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari dosa, menghapus kesalahan-kesalahan dan mengusur penyakit dari tubuh. (HR at-Tirmidzi dan al-Hakim)

Pebuatan baik yang paling disukai Allah adalah perbuatan yang terus menerus dilakukan/dikerjakan. (HR.Bukhari dan Muslim)



Keutamaan Shalat Tahajud -
① Seutama-utama shalat, setelah shalat fardhu
② Jalan meraih pertolongan Allah
③ Kebiasaan baik para salafus saleh
④ Menumbuhkan kedisiplinan tinggi
⑤ Kesempatan terbaik untuk menge-charge rohani
⑥ Tubuh lebih segar dan bugar, dibandingkan tertidur hingga pagi
⑦ Menumbuhkan semangat dalam bekerja
⑧ Saat pengampunan dosa
⑨ Waktu mustajab untuk berdoa, baik meminta karir dunia maupun akhirat

3.Shalat Berjamaah
Rasulullah bersabda yang artinya:

Shalat bersama orang lain berjamaah lebih baik daripada shlaat sendirian, shalat berjamaan bersama 2 orang lebih baik daripada shalat berjamaah bersama 1 oranga. Semakin banyak jamaahnya, semakin disukai oleh Allah. (HR.al-Hakim).
Sesungguhnya batas antara seseorangdengan kemusyrikan dan kekafiran adalah menginggalkan shalat (HR.Muaslim)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (al-Baqarah: 45)
Keutamaan Shalat berjamaah adalah -

① Menjadi inspirasi ilmu kepmimpinan

Nilai kepemimpinan yang ada dalam sholat berjamaah adalah:
  1. Shalat berjamaah memiliki visi yang jelas, yakni menyembah Allah
  2. Imam (pemimpin) dipilih berdasarkan kapsitas ilmunya, sekaligus berasal dari pribidai yang tidak dibenci oleh jamaah (bawahannya). Bukan berarti dari segi senioritas atau yang paling tua usianya.
  3. Siapa pun boleh bergabung dlam barisan pasukan (makmum) dengan syarat bersedia mengikuti imam. Bila syarat dilanggar, shalatnya bisa batal ataupun berkurang pahalanya.
  4. BAcaan dan gerakan shalat, antara imam dengan makmum adalah sama, satu komando dan satu tujuan
  5. Pasukan (makmum) boleh menegur dan memperbaiki, bila iumam melakukan kesalahan. Baik kesalahan bacaan maupun kesalahan gerakan, menurut cara-cara yang telah ditetapkan oleh syariat.
  6. Imam yang batal di tengah perjalanan shalatnya, digantikan oleh makmum di belakangnya. Maka, pengisian shaf yang benar seharusnya orang yang tepat di belakang imam adalah jamaah yang siap menjadi wakil (pengganti), bila imam tidak mampu melanjutkan tugasnya.
② Menggetarkan musuh-m,usuh Islam
③ Menghilangkan diskriminasi dan menghapus kasta.
④ Memberikan pelajaran adanya perlombaan yang sehat - 

siapa datang lebih dulu berhak menempati shaft terdepan, siapa datang belakangan, harus rela dengan shaf di belakang. Tidak ada fasilitas khusus dan untuk orang khusus di masjid.
⑤ Tes uji komitmen diri
⑥ Merupakan pilihan manusia cerdas - 

menawarkan reward yang lebih besar (27x) dibandingkan dengan shalat sendiri yang hanya akan mendapatkan (1x) reward saja
⑦ Mencegah dari perbuatan keji dan munkar
⑧ Jalan meraih kecintaan Allah
⑨ Menghapus dosa masa lalu
⑩ Menaikkan derajat di sisi Allah
⑪ Merupakan perkara yang pertama kali dihisab di akhirat
⑫ Merupakan pemimpin amal di akhirat

4.Tadabur Al-Quran
Rasulullah bersabda yang artinya -
Bila engkau ingin mengambil manfaat dari Al-Quran maka hadirkanlah hatimu saat tilawah (membaca) dan mendengarnya (ibnu Qayyim dalam al-Fawa'id)
Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya (HR.Bukhari)
Orang yang mahir membaca Al-Quran maka nanti akan berkumpul bersama-sama para malaikat yang ulia lagi taat. Sedangkan orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al-Quran maka ia mendapatkan dua pahala (HR.Bukhari dan Muslim)
 Aku tinggalkan kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya yaotu Kitabullah (Al-Quran) dan sunah Rasulullah (HR.Muslim)
Faedah dan manfaat dari Tadabur Al-Quran adalah -
①    Ibarat membaca gudang ilmu, bail ilmu dunia maupun akhirat
②    Meraih pahala berkelipatan
③    Menjadi terapi penyakit jasmani dan rokhani
④    Memberi solusi atas segala permasalahan
⑤    Al-Quran adalah mukjizat kenabian terbesar
⑥    Menjadi tabungan amal di akhirat
⑦    Menjadi pembekla di akhirat
⑧    Menjadikan hidup penuh keberkahan
⑨    Menghasilkan inspirasi baru tanpa batas
⑩    Menyejukkan hati dan menenteramkan jiwa
⑪    Menghasilkan pribadi yang berakhlak mulia
⑫    Menajdi pedoman hidup yang akan menuntun ke surga



5.Shalat Dhuha
Rasulullah bersabda yang artinya -
Abu Hurairah berkata: Orang yang aku cintai yaitu Rasulullah berpesan kepadaku akan tiga hal: Puasa 3 hari pada tiap bulan (ayyamul bidh), shalat Dhuha 2 rakaat dan shalat Witir sbelum tidur. (HR.Muslim)

Setiap pagi, masing-masing ruas anggota badan (jumlahnya 360 menurut hadits riwayat Abu Dawud dan Ahmad) kalian wajib jkeluarkan sedekahnya. Dan setiap tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, setiap bacaan takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebajikan adalah sedekah dan melarang berbuat mungkar adalah sedekah. Kesemuanya itu dapat diganti dengan 2 rakaat shalat Dhuha.(HR.Muslim)k

Tidak ada sesuatu yang dapat menolak takdir kecuali doa dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. Sesungguhnya seorang diharankan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya (HR.at-Tirmidzi dan al-Hakim)
 
Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya (ath-Thalaq: 2-3)

rezeki bukan hanya berbentuk materi. bisa berbentuk kesehatan, kemudahan bekerja, tetangga yang baik dan lainnya. kendati belum ada perubahan secara materi setelah melakukan dhuha maka tetaplah istiqamah untuk menunaikan sholat dhuha yang merupakan kenikmatan tersendiri yang bisa dikatakan sebagai rezeki. Mengapa? karena walaupun ada jaminan rezeki bagi para pelaku shalat dhuha tetap saja nilai total (pahala) shalat dhuha baru terungkap di akhirat nanti.

Tujuan yang lainnya dari shola dhuha adalah -
①    Sebagai ungkapan rasa syukur
②    Jalan pembuka rezeki
③    Sarana untuk me-rileks-kan diri
④    Makanan yang sehat untuk rohani
⑤    Menghasilkan pribadi yang tenang dan jujur

6.Puasa senin-kamis
Rasulullah bersabda yang artinya: 'Amal perbuatan itu diserahkan (dilaporkan) pada hari Senin dan Kamis, karena itu aku suka apabila amalku dilaporkan dalam keadaan aku berpuasa (HR.Muslim)

Puasa adalah salah satu jalan agar kita mensyukuri nikmat makan. Saat perut mulai berbunyi dan meminta haknya untuk diisi, nikmatnya makanan akan sangat terasa. Kita pun snagat bersyukur kala azan maghrib berkumandang.Rasulullah bersabda yang artinya: Sesungguhnya setan itu menyusup dalam aliran darah anak Adam, maka perspmpitlah jalan masuknya dnegan lapar (puasa) (HR.Bukhari dan Muslim)

Faedah dan manfaat dari Puasa Senin-Kamis adalah
①    Mensyukuri nikmat makan
②    Mempersmpit jalan setan
③    Melatih kepekaan empati
④    Menyehatkan tubuh
⑤    Merupakan salah stu bukti mencintai Rasulullah
⑥    Senin-Kamis adalah saatnya amal kita dilaporkan
⑦    Untuk memesan Babur rayyan-pintu syurga khusus untuk para ahli puasa
⑧    Menguatkan diri dari perbuatan dusta
⑨    Memelihara diri dari kesia-siaan

7.Sedekah
Rasulullah bersabda yang artinya: " sedekah tidak akan mengurangi harta. Allah pasti akan menambah kemuliaan seseorang yang suka memaafkan dan seseorang yang merendahkan diri karena Allah Yang mahamulia lagi Mahaagung akan mengangkat derajatnya  (HR Muslim)

Apakah keuntungan yang kita dapat bila melakukan sunah yang satu ini?
①    Sebagai benteng dari api neraka

Sedekah menjadi benteng dari api neraka, sayartanya adlah ikhlas mencari keridhaan-Nya. Allah tidak semata menilai besar nominalnya. Keikhlasanlah yang menjadi ukuran utama
②    Melipatgandakan harta
Allah berfirman yang artinya: Perumpaan (nafkah yang dijeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat 100 buju. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Mahgaluar (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui (Al-Baqarah: 261)
③    Menolak Bencana
④    Menjadikan hidup bahagia
⑤    Membuka pintu-pintu rezeki
⑥    Mendatangkan keberkahan
⑦    Sebagai bekal menuju alam akhirat

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism