Sunday, March 15, 2015

Filled Under: , ,

Quantum Resign

Share
Judul: Quantum Resign
Sub Judul: Formula Aman Berhenti Kerja Jadi Pengusaha
Penulis: Sonny B.Sofyan
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan:


Quantun Resign adalah formula aman berhenti bekerja. ada 2 formula utama yang ditawarkan oleh penulis untuk melakukan Quantum Resign ini yaitu: 1.Quantum Transformation; dan 2.Income Pentagon

formula pertama mengacu pada kesiapan diri dan lingkungan, sementara formula kedua mengarah pada kesiapan tingkat pendapatan.


1.Quantum TransformationKesiapaan melakukan resign dan pindah kuadran haruslah dengan keyakinan kuat 100% dan tidak menyisakan setetes pun keraguan. Untuk mencapai keyakinan yang utuh, harus ada sebuah lompatan transfirmasi diri dan lingkungan yang tuntas. Tidak berada di 2 sisi yang ambigu: di satu sisi ingin menjadi pengusaha sukses dan di sisi lain tidak ingin kehilangan kenyamanan sebagai karyawan yang serba pasti.

Lompatan transformasi diri dan lingkungan ini disebut penulis sebagai Quantum Transformation yang meliputi: Keluarga; Pekerjaan; Pergaulan dan Karakter serta Motivasi
 

- MotivasiMotivasi keluar fari tempate bekerja adalah yang sangat besar menentukan seberapa kuat anda bertahan untuk terus konsisten meretas jalan menjadi pengusaha. Banyak orang berhenti ditengah jalan sebelum sukses karena motivasinya yang tidak kuat
Salah Kaprah
  • Bosan Jadi Karyawan - semata-mata karena menghindari rasa tidak nyaman --> terburu-buru keluar  - karena melarikan diri dari masalah. Akibatnya mereka tidak memiliki kesiapan mental yang cukup untuk menjadi seorang pengusaha
  • Gaji Tidak Cukup - alasan yang sangat masuk akal, nmaun belum cukup kuat. Mengapa? karena ketika anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan dan fikus pada bisnsi, resiko ketidakpastian pendapatan tetap ada.
  • Ikut-ikutan Trend - Umumnya dialami oleh para karyawan yang baru selesai kelas pelatihan motivasi bisnis atau bergabung dalam suatu komunitas bisnis.
  • Pertentangan Bathin - Ada sekelompok orang yang "terpaksa" meniti jalur karis yang tidak sesuai dengan kata hatinya. Entah karena bertentangan dengan nilai2 agamanya, karena "terpaksa" mengikuti keinginan orang tuanya, atau karena hanya itu pekerjaan yang tersedia untuk mereka


Yang Tepat
kebebasan diri - kebebasan yang dimaksud: mengatur, mengambil keputusan, mengaktualisasikan diri. umumnya mencapai tahap quantum resign dengan mulus. Mengapa? karena bukan model yang mudah mengeluh seperti kelompok yang bosan jadi karyawan; tidak terlalu berfokus pada keamanan finansial sperti kelompok yang gajinya kurang; tidak menjadi pengekor pula. Merek tahu betul apa yang diinginkan, dan berusah sekuat tenaga mewujudkan impiannya.
kontribusi pribadi - berhenti sedini mungkin dari pekerjaan karena ingin berkontribusi secara optimal di bidang yang dicintai atau demi orang-oranga yang mereka sayangi. Entah demi membuka lapangan kerja baru, memenuhi panggilan hati untuk mengelola yayasan sosial, memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga, dsb.

- Karakter
karakter adalah watak yang menentukan apakah seseorang bisa menjadi pengusaha akan memilih terus maju atau mundur dari sebuah pertarungan bisnis. karakter pula yang menentukan apakah seseorang pengusaha memilih untuk mengorbankan etika untuk kepentingan jangka pendek, atau tetap menjunjung etika untuk reputasi bisnis jangka panjang meski dalam jangka pendek akan kehilangan sejumlah omzet.

  •  Mental Baja
  •  Menghargai orang lain
  •  Memegang Etika Luhur
  •  Jadilah penjual sejati
  •  Senantiasa bersyukur

- KeluargaTugas andalah untuk bisa mempersiapkan mental dan keikhlasan orang-orang terdekat Anda dengan keputusan quantum resign yang hendak anda ambil. Dan tugas anda jugalah untuk menunjukkan kepada mereka bahwa keputusan anda untuk melakukan resign adalah keputusan yang terbaik yang anda ambil demi keluarga.

  •  Persistensi Melakukan Persuasi
  •  Tunjukkan Bukti, bukan janji
  •  Persiapkan mental keluarga
  •  Jangan pertaruhkan seluruhnya

- PekerjaanLingkungan kerja akan membelenggu langkah maju kita untuk sukses menajdi pengusaha melalui 2 cara -

  1. iming-iming kenaikan gaji dan jabatan yang boleh jadi akan muncul di saat kita tengah merencanakan untuk resign; bisa dari tempat kita kerja atau perusahaan lain
  2. tuntutan pekerjaan yang begitu menggila hingga menghasbiskan nyaris seluruh energi, waktu dan pikiran kita. Ini yang sering menjadi alasan karyawan untuk menunda resign
  • Tentukan Prioritas Masa Depan Anda
    • pekerjaan sekarang justru harus dirancang sedemikian rupa agar mendukung proses Anda menuju quantum resign secepatnya
  • Pilihlah pekerjaan yang tepat
  • Bangunlah tim yang solid di kantor
  • Selalu ada tempat lain bagi anda

- Pergaulan

  1. Ganti lingkungan pergaulan anda
  2. Aktif di Komunitas pengusaha
  3. Semua berawal dari Motivasi

2. Income Pentagon
Ketika pendapatan dari bisnis dan investasi yang kita jalankan telah mendekati atau bahkan melebihi gaji dan fasilitas yang kita terima dari perusahaan tempat kita bekerja, inilah yang dimaksud penulis sebgai formula - Income Pentagon. Pada titik ini tidak ada lagi alasan bagi siapa saja untuk tetap bertahan meniti karir di tempat kerja.

Income pentagon adalah kombinasi aneka sumber pendapatan - Nabi Muhammad bersabda bahwa sumber rezeki seorang pedagang atau pengusaha dibandingkan dengan seorang karyawan adalah 9 berbanding 1. Bisnis mencipatakan free cash flow bagi anda, namun investasi adalah mengakumulasi kekayaan menjadi berlipat ganda. Dengan bisnis maka orang dan sistem bekerja untuk anda dan investasi adalah uang yang bekerja untuk anda. keduanya saling melengkapi sehingga harus dilakukan secara simulatan

Kombinasi itu adalah
-  Bisnis

  • Dengarkan kata hati
  • Biarkan orang lain yang membabat hutannya
  • Mulai dengan Bisnis Retail, Besarkan dengan Korporasi
    • Alasannya sangatlah sederhana: CASH is the KING - artinya transaksi yang dilakukan pada bisnis retail pada umumny dilakukah dengan cash keras/tunai, sehingga kita mendapatkan real money. bisnis korporasi pada umumnya menggunakan tempo pembayaran atau kredit - dimana kita tidak mendapatkan bayaran setelah satu pekerjaan selesai. kadan kala pake molor lagi pembayarannya.
  • Disiplin dengan uang anda
  • Bangun tim solid di bisnis

- Waralaba

  • Mengapa Waralaba?
    • sebagai pebinsi memungkinkan anda untuk dapat melipatgandakan jumlah cabang dan omzet dalam waktu singkat dengan modal minim. namun bisnis anda harus sudah memiliki sistem, mudah diduplikasi secara operasional, cukup unik untuk membuat para calon mitra tertarik dan memiliki brand equity yang kuat shingga tidak mudah membuat para franchisee melapaskan diri dari jaringan waralaba anda
  • Percaya kepada sistem bukan orang
  • Segera petakan usaha anda
    • potretlah proses bisnis anda dan menggambarkannya di atas secarik kertas dalam bentuk alur kerja, untuk kemudian dijadikan sistem dan prosedur standar perusahaan. Dengan sistem ini anda memasatikan usaha anda untuk berjalan sesuai dengan prosedur yang sudah anda tetapkan.
  • Ambil alih waralaba yang sudah jalan

- Emas
emas merupakan instrumen paling aman untuk bisa menjaga nilai kekayaan riil dalam jangka panjang. Manakal inflasi dan krisis moneter melanda, jauh lebih aman memegang emas dibandingkan dengan uang tunai, meskipun nilai uang tunai merosot drastis namun kekayaan yang anda simpa dalam bentuk emas tetap stabil. Free cash flow yang dihasilakn tidak cepat namun emas adalah instrumen investasi yang sangat likuid, setara dengan uang tunai.

  • Emas Perhiasan
  • Koin Emas
  • Logam Emas

- Property

Cerita dari McDonald - Ray Croc menyatakan bahwa bisnis utama McDonald bukanlah hamburger yang mereka jual namun propertylah yang utama. Why?
DAlam jangka 5 tahun dari tahun 1955 Ray Kroc membuka gerai cabang hingga 200 outlet dengan total omzet US$75 juta, namun sayangnya tidak di imbangi dengan kenaikan profit yang signifikan bagi McDonald pusat. Bahkan tidak mampu memberikan gaji para eksekutif topnya, sehingga ia terpaksa memberikan saham kepemilikan McD hingga 30% sebagai pengganti gaji dilain sisi ia harus menyediakan dana untuk mengambil alih spenuhnya kepemilikan atas merk dagang McD dari Mc Donald bersaudara. Pada saat itulah property menolongnya.

Melalui anak perusahannya Kroc yakni Franchise Realty Corporation ia memburu lahan-lahan strategis  terbaik di berbagai wilayah Amerika Serika. BErhasil dibelinya dengan harga yang cukup murah dan kemudian disewakan denga nharga tinggi kepada pra franchisee McD. dalam waktu singkat divisi ini mempu memberikan kontribusi laba yang signifikan. Keuntungan lainnya adalah letak propertynya yang strategis memberika posisi tawar yang lebih tinggi baginya dan memastikan seluruh outlet McD menjalankan seluruh sistem standar McD scara tepat samapi hal-hal terkecil. Dikatakannya "inilah titik awal dari pendapatan yang sesungguhnya bagi McD."

  • Why Property?
    • pertama, regulasi perbankan di Indonesia masih mengharuskan adanya jaminan berupa aset properti untuk hampir semua jenis pinjaman. Betapapun bagusnya prospek bisnis anda, bahkan bila anda memiliki jaminan pembayaran dari pelanggan anda pihak bank tetap meminta agunan berupa properti utnuk dapat mengucurkan kredit modal kerja anda.
  • Belilah Asset bukan Liability
    • Jika pengusaha membuat yang tidak ada menjadi ada, maka investor melipargandakan yang telah ada menjadi berkali-kali lipat besarnya dari sebelumnya. Untuk mengakselerasi tecapinya quantum resign maka perpaduan dari cara berpikir pengusaha dan investor sangat diperlukan.
  • Tinggalkan Pola Voucher Isi Ulang

- Paper Assets

  1. -Pasar Uang
  2. -Reksadana
  3. -Obligasi
  4. -Saham
  5. -Asuransi

- Sedekah

Investasi yang tidak pernah merugi. sejarah telah membuktikan berkali-kali tentang keampuhannya. Banyak-banyaklah bersedekah, karena bisnis anda tidak saja akan lebih melesat, tapi terutama juga jauh lebih berkah.

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism