Sunday, November 15, 2015

Filled Under: , ,

7 Keajaiban Rezeki

Share
Judul:        7 Keajaiban Rezeki
Rezeki bertambah, Nasib Berubah dalam 99 hari dengan Otak Kanan
Pengarang:    Ippho ‘Right’ Santosa – Pakar Otak Kanan, Penerima MURI Award
Penerbit:    PT Elex Media Komputindo
Cetakan:    ke-5 Mei 2010
Halaman:    191 hal


Bila anda pernah membaca buku Ippho yang lain seperti 13 Wasiat Terlarang dan 10 Jurus Terlarang, maka tidak akan merasa asing dengan bukunya kali ini. Buku ini lebih meliaht suatu masalah dengan pendekatan yang lebih spirituil. Masih berbicara di sekitaran Mindset kita.


Ada beberapa istilah yang tidak umum yang dibuat oleh penulis, kita sebagai pembacanya perlu memahami terlebih dahulu tentang istilah2 ini.
Pada dasarnya ada 7 keajaiban untuk mendapatkan rezeki dan merubah nasih dalam 99 hari. Terutama sekali pada bagian mindset kita. Ippho menyebutnya sebagai KEAJAIBAN. Berikut adalah ke-7 keajaiban itu sendiri :

#1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)
Setiap Orang adalah unik. Setiap orang punya cara tersendiri untuk meraik kemenangan dengan lebih cepat. Yang mana cara tersebut mungkin hanya berlaku pada dirinya, namun tidak berlaku bagi orang lain. Unik seperti  sidik Jari.

#2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)
LOA (Low of Attraction) adalah sesuatu yang selalu disebut-sebut dalam buku the Secet, intinya adalah apa yang Anda pikirkan, itulah yang semeta berikan karena Andalah yang menarik semua itu. Apa kaitannya dengan DOA? Ternyata keduanya saling menguatkan satu sama lain.


Keridhaan Allah tidak akan terlepas dari keridhaan Orang Tua. Bila DIA sudah ridha maka otomatis akan menggerakkan LOA, DOA dan impian.
Selaraskan impian dan doa Anda dengan do’a orang tua, bahkan sebaiknya utaran impian anda agar orang tua menyebutkannya juga dalam doa-doa mereka. Doa Orang Tua akan membuat rezeki Anda betul-betul tercurah.  inilah bidadari pertama, ORANG TUA
Bukan lebah jantan, melainkan lebah betinalah yang membuat sarang dan mencari makan. (QS. 16:68-69) surat An-Nahl.  Ya, PASANGAN HIDUP kita itulah bidadari kedua.
 

Jika anda ingin mempercepat terjadinya LOA, jika ingin mempercepat terkabulnya do’a, Jika Anda ingin mempercepat terwujudnya impian dan Jika anda ingin mempercepat berubahnya nasib, maka inilah pokok-pokoknya :
  • Sampaikan impian Anda kepada orang-orang terdekat, terutama Sepasang Bidadari
  • Bagi pemula cukup miliki SATU IMPIAN BESAR. Jangan miliki lebih dalam waktu bersamaan
  • Bayangkan impian itu. Kemudian berpura-pura seolah-olah itu sedang terjadi. Terus berpura-pura sampai itu benar-benar terjadi.
  • Tetapkan kapan impian itu akan terjadi dan perjelas semuanya
  • Lakukan ini berulang-ulang. Lebih banyak lage, bagi pemula
  • Positifkan kata-kata. Lalu, batinkan kata-kata itu.

 #3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)
Ini adalah istilah untuk orang yang banyak menngunakan OTAK KANAN dibandingkan dengan OTAK KIRI-nya. Otak kanan Anda itu akan menentukan 80% dari kesuksesan Anda, sementara otak kanan ini berkaitan dengan Emosioanl (EQ), golongan kanan melakukan sesuatu karena panggilan jiwa, bukan panggilan kerja? Sepenuh hati, bukan sepenuh Gaji.
Perbedaan otak kiri dan kanan :


Otak KIRI
Otak KANAN
Rasional terkait dengan IQ
Kognitif, Logis
Realistis, analistik
Kuantitatif, aritmatik
Serial, Linier
Terencana, kausal
Segmental, fokus
Verbal, eksplisit
Interpersoanl, self-centric
Motorik kanan
Emosional terkait  EQ
Afektif, intuitif
majinatif, artistik
Kualitatif, spasial
Paralel, Lateral
Tak Terencana, impulsif
Holistik, difus
Visual, implisit
Interpersonal, other-centric
Motorik kiri

Anda pasti sudah kenal dengan buah pemikiran Robert T.Kiyosaki, pengarang RichDadPoorDad book series, menurut penulis asahlah otak kanan anda untuk hijrah ke sisi kanan dari tabel Cashflow Quadrant. 

Mari kita lihat faktanya :
  • Bukankah penghuni kuadran kanan seperti pengusaha dan investor itu cemerlang otak kanannya? Sebaliknya, penghuni sisi kiri hebat otak kirinya seperti karyawan dan profesional
  • Al Ries dalam bukunya ‘War in the Boardroom’ – menurutnya kekacauan bisnis sering terjadi gara-gara manajemen itu berpikir terlalu kiri.
  • Golongan Kanan, lantaran berpikir holistik, menguasai interpersonal, dan terbiasa dengan perubahan, maka mereka maklum bahwa bukan Cuma satu jawaban yang benar.

Mengasah INTUISI. Pokok-pokok tentang intuisi ini adalah : Mulailah dengan yang kanan (otak kanan) – maksudnya, otak kanan dulu baru kiri; Intuisi dulu baru analisa; Blink dulu baru think. 


Otak KIRI cenderung memikirkan, otak KANAN cenderung membayangkan. Saat anda membayangkan secara berulang-ulang maka itu akan masuk ke alam bawah sadar. Dapat dikatakan otak kanan adalah gerbangnya otak bawah sadar  Otak bawah sadar itu lebih menentukan dibandingkan dengan otak sadar.

#4. Simpul Perdagangan (Lingkar Sesama)
Islam sangat menganjurkan perdagangan. Ini terbukti pada salah satu wasiat Nabi “Berdaganglah engkau, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu berada di perdagangan.” Inilah Pareto Rezeki. Dimana sebagian kecil manusia menguasai sebagian besar rezeki. Dengan kata lain, mereka yang tidak menguasai Simpul Perdagangan, maka kemungkinan Pareto Rezeki tidak akan berpihak padanya.
 

Ndak percaya..? coba liat kaum Yahudi yang minoritas namuun menguasai Amerika. Karena kaum Yahudi itu menguasai Simpul Perdagangan.
 

Orang Islam boleh kaya...? Ya, Pasti! Kekayaan bukanlah mudharat, asalkan :
  • Mampu mempertanggung-jawabkan ‘dari mana’ kekayaan tersebut
  • Mampu mempertanggung-jawabkan ‘ke mana’ kekayaan tersebut
  • Tetap bersikap rendah hati, sederhana dan dermawan
Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling komplet dalam kehidupannya. Ia pernah menjadi orang biasa-pernah juga jadi nabi, pernah jadi orang miskin-juga pernah jadi orang kaya, pernah jadi anak-pernah juga jadi ayah, pernah jadi panglima perang-kepala negara, pernah  jadi penggembala – pernah juga jadi PENGUSAHA.

#5. Perisai Langit (Lingkar Diri)
Ippho – “Menabung itu baik. Investasi itu lebih baik. Sedekah adalah yang terbaik”
Betapa kanannya suatu keyaknan! Betapa kanannya sebuah agama! Ianya tidak bisa dipahami dengan otak kiri yang realistis. Namun perlu dipahami oleh otak kanan yang imajinatif. 


Ndak percaya? Lihat saja :
Untuk sehat apa yang di ajarkan oleh ISLAM  puasa, shalat  tahajjud, sedekah
Supaya rezeki bertambah, apa yang diajarkan oleh agama  sedekah, shalat dhuha, shalat tahajjud, istighfar, zikir, tawakkal, syukur, menikah, berhaji, berumrah, memperbaiki ibadah 

Belum lagi hitungan manfaat ibadah  10-1 = 19 (manfaat sedekah); 1+1=27 (manfaat shalat berjamaah); 1x6=355 (manfaat puasa Syawal)

Bila ada berpikir dengan otak kiri pasti tidak akan setuju dengan statement di atas bukan?  puasa, itu kan membuat kita sakit; sholat tahajjud, mengurangi waktu tidur-istirahat kurang; sholat dhuha-mengurangi waktu produktif; sedekah-mengurangi rezeki; haji dan umrah-menghabiskan rezeki.


Allah bersabda : “Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (sedekah) adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai itu berisi seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (balasan) bagi sesiapa yang dikehendaki-Nya” (QS.2:261
 

Dan inilah pesan Nabi: 
Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah” – 
Obatilah penyakitmu dengan sedekah” – 
Perbanyak sedekah, sebab sedekah dapat memanjangkan umur”-
Bersegeralah bersedekah, sebab bala tidak pernah mendahului sedekah 
Mengacu pada dalil-dalil diatas maka manfaat dari sedekah adalah : melipatgandakan rezeki, memudahkan urusan, memudahkan jodoh, memudahkan keturunan, memelihara kesehatan, memanjangkan umur dan menolak bala.

What you give is what you get. Apa yang anda berikan itu pula yang anda dapatkan  hukum timbal balik (Law of Reciporacy). Pengajar kekayaan Robert T.Kiyosaki dan motivator 

kelas dunia Joe Vitale juga berpendapat kurang lebih begitu.
 

SEDEKAH, inilah salah satu keajaiban dan salah satu ruas dalam Perisai Langit. Selain sedekah, ada empat ruas lainnya yang membentuk Perisai Langit. Selengkapnya:
  1. Pemberian: Sedekah
  2. Sholat: Dhuha, Tahajjud dan Taubat
  3. Sikap: Tawakkal, Syukur, Sabar dam Husnudzon
  4. Perkataan: Zikir, Istighfar dan Shalawat
  5. Perbuatan: berbakti pada orang tua, menikah, memiliki keturunan, berhaji, berumrah, silaturahim, ikhtiar dan berdagang.
Rumusnya untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah adalah dengan menggabungkan antara kegiatan sedekah dengan ikhtiar. Bila hanya satu yang dilakukan maka tidak akan ada percepatan untuk mendapatkannya. Harus menggabungkan antara 6D + 51, yaitu:
Dagang + Do’a + Dhuha + Derma = Duit + Dahsyat (6D)
Iman + Ikhlas + Ibadah + Ikhtiar = Ijabah

 

#6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)Kunci dari Pembeda Abadi ada be different, apa yang menjadi ciri khas anda. Dimana bila orang mengucapkan suatu kata kunci maka yang akan langsung teringat oleh orang itu adalah ANDA. Contoh: Bila anda mengucap teh botol... pasti merk Sosro yang terlintas pertama, air dalam kemasan... pasti AQUA, bagaimana dengan Let’s Do It... merk Nike kan.
 

Bagaimana cara mencari pembeda abadi? Carilah kekuatan dari diri anda. Salah satunya dengan menjawab 5 pertanyaan berikut :
  1. Apa yang paling anda MINATI?
  2. Apa yang paling Anda KUASAI?
  3. Apakah sesuatu yang anda MINATI dan KUASAI itu menghasilkan INCOME?
  4. Apakah sesuatu yang anda MINATI dan KUASAI itu menghasilkan mem-BAHAGIA-kan?
  5. Apakah itu sesuai dengan PESEPSI PUBLIK tentang Anda?
Bila anda bisa menjawab ke-5 pertanyaan itu berarti anda telah memiliki Pembeda Abadi – Differentiate bagi diri anda. Tanpa ini anda hanya akan menjadi orang rata-rata, kurang bergairah, bergerak lambat, gampang dilupakan, rentan dikalahkan dan sukar untuk dibayar mahal. Tidak perlu tersinggung karena itu benar adanya.

Bagaimana cara mendapatkan kata kunci untuk Pembeda Abadi  persepsi publik, begitu publik memiliki persepsi sesuatu tentang diri anda maka itu akan melekat selamanya. Berikut caranya:

  • Temukan sebuah kata yang menyiratkan kekuatan Anda – Pembeda Abadi
  • Kunci kata tersebut dan ekspose selalu kata itu oleh Anda
  • Cepat atau Lambat publik akan mempercayainya, bahkan memperkuatknya – Persepsi Publik
  • Begitu persepsi publik terbentuk, niscaya tidak seorang pun dapat mengambil akih kata itu dari Anda
Contoh: Betapapun hebatnya Michael Jordan bermain Golf dan Baseball secara profesional, ia akan tetap dikenal sebagai pemain basket profesional yang hebat. Arifin Ilham – Dzikir, Yusuf Mansyur – Sedekah dan Hermawan Kartajaya – Pemasaran/Marketing.

#7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)
Terdiri dari 7 bias yang merupakan kebiasaan-kebiasaan dari seorang pemenang, yaitu :
 

1.    Menjadi Miliarder dalam Hitungan Menit – IMPIAN
Dia bisa mengirimkan bencana yang dalam hitungan menit akan menghilanhkan jutaan umat manusia, menghilangkan miliaran aset yang dikumpulkan sejak lama dan itu semua hanya dalam hitungan MENIT saja. Jadi, apakah DIA mampu membuat anda kaya dalam beberapa MENIT saja?  gunakan otak KANAN
2.    Membuat Nasib menuruti kehendak anda– TINDAKAN
Action atau tindakan menjadi kata kuncinya, tanpa anda melakukan ini maka tidak akan ada kemajuannya sama sekali. Anda memiliki 1.000 dreams yang hebat namun 0 action maka sudah jelas hasilnya. Bandingkan dengan bila Anda hanya mempunyai 1 dream dan melakukan 7 actions maka kemungkinan besar mimpi Anda akan terwujud dalam waktu yang singkat.
3.    Menaklukkan lawan yang jauh lebih besar – KECEPATAN
Action tinggal action jika tanpa kecepatan. Bukan yang kuat mengalahkan yang lemah, namun yang cepat lah yang mengalahkan si lambat. Kuncinya ada di Time Management, karena ada kalanya kita harus melambatkan juga kecepatan kita. Contoh: saat kita bercengkrama dengan keluarga tercinta atau berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa  tak mungkin cepat-cepat kan.
4.    Terbang mengelilingi Ka’bah – KEYAKINAN
Kata Kuncinya adalah YAKIN! Yakin akan keberadaan-Nya, pertolongan-Nya dan rahmat-Nya  manusia dilarang untuk berputus asa. Iblis saja memiliki keyakinan, hanya ketakwaan yang ia tidak miliki. Jangan sampai Anda kalah dengan Iblis!
Keyakinan itu adalah faktor pengali. Dalam artian, keyakinanlah yang memberi sesuatu itu menjadi kenyataan atau tidak.
5.    Berdiri di atas Bahu Raksasa – PEMBELAJARAN
Dalam kamus seorang pemenang tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanyalah pembelajaran. Teknik pembelejaran banyak ragamnya, namun ada 3 yang menjadi favorit penulis :
Action oriented, pembelajran yang paling ampuh adalah dengan terus-menerus action. Kenapa? Sewaktu anda bereaksi cepat maka muncullah reaksi yang cepat pula. Nah, dari reaksi inilah anda belajar.
Teknik Belajar dengan Mengajar. Begitu Anda mempelajari satu ilmu baru yang bermanfaat, segerlah ajarkan itu kepada orang lain. Niscaya proses pembelajaran Anda akan semakin cepat.

Teknik berdiri di atas bahu para raksasa. Dalam buku 100 manusia terhebat di dunia Issac Newton ada di urutan ke-2, mengalahkan Nabi Musa dan Isa kenapa. Ia adalah ilmuwan hebat yang tidak suka sekolah tapi suka belajar. Nah, ia belajar dari ilmuwan2 besar terdahulu  jadi dia selalu belajar dari yang TERBAIK.
6.    Jangan Jadi YUDAS abad-21 – KEPERCAYAAN
Integritas akan melahirkan reputasi dan reputasi akan melahirkan kepercayaan. Integritas juga merupakan faktor pengali, dimana integritas dapat membuat sesuatu itu menjadi kenyataan atau tidak, menjadi besar atau tidak.
7.    Jangan hanya menilai hasil – KEIKHLASAN
Keikhlasan juga merupakan faktor pengali, dalam artian keikhlasanlah yang membuat sesuatu itu terhitung ibadah atau tidak. Sesederhana itu.

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism