Sunday, November 15, 2015

Filled Under: , , ,

The Energy Bus

Share
Judul: The Energy Bus
Sub-Judul: 10 PERATURAN untuk membakar kehidupan, pekerjaan dan tim Anda dengan ENERGI POSITIF
Pengarang: Jon Gordon
Penerbit: MIC Publishing
Cetakan: I - Sep 2010



Bagi mereka yang suka membaca buku non-fiksi dalam bentuk cerita maka buku ini adalah salah satunya. Materi dan aturan yang disajikan dibuat dalam bentuk cerita sperti halnya novel atau cerita-cerita pendek. Membuat saya membacanya ingin segera cepat di selesaikan, walaupun ending story sudah dapat saya bayangkan sebelumnya. Namun, proses membacanya adalah keasyikan tersendiri dalam membaca buku jenis ini.

Cerita bermula dari George, seorang manager menengah yang sedang dalam kesusahan hidup baik secara personal maupun profesional, - kehidupan di rumah yang sudah tidak harmonis dan tekanan pekerjaan dari kantor dimana dia harus melaunching sebuah produk baru ke pasar, dengan segala jenis hambangan yang harus dihadaoi. Lalu, bagaimana dia dikenalkan dengan 10 aturan yang dijelaskan secara bijak oleh supir bus yang bernama Joy -

Ke sepuluh aturan yang bisa membantu George mendapatkan energi positivenya adalah -

1.Kamulah yang mengemudikan busmu
Pertama, tentukan hal yang kamu inginkan, lalu mulai wujudkan dan jangan biarkan dunia mengaturmu. Ciptakan duniamu sendiri dan jawablah pertanyaan - apa impianmu untuk kehidupan (termasuk kesehatan); impian untuk pekerjaan, karir dan tim mu; impian untuk hubunganmu dengan orang lain dan keluarga
tips melihat apa yang kamu inginkan -Kadangkala kita harus melihat hal yang tidak kita inginkan barulah kita tahu hal yang kita inginkan

2.Kerinduan, Impian dan Fokus menggerakkan Busmu pada arah yang tepat
seperti aturan - law of attraction - dimana saat kamu berfokus dan konsisten terhadap sesuatu yang kamu inginkan maka semesta akan mendukung dan saat kamu sadari semua yang ada disekitar mu mendukung apa yang kamu inginkan saat fokus.

3.Jadikan energi positif sebagai bahan bakar perjalananmu
positif selalu berpasangan dengan negatif, maka perbanyaklah menghimpun energi positif yang digunakan sebagai bahan bakarmu. ilustrasinya: 2 anjing yang selalu berkelahi, satu berenergi positif, kalem dan penurut yang satu lagi adalh anjing yang pemarah, negatif, pemberontak. Anda akan membantu salah satu anjing untuk menang maka. konsep dasar - anjing yang banyak makanlah yang menang maka beri makanlah anjing yang postif lebih banyak lagi.

4.Ajaklah orang naik ke dalam busmu dan bagikan impianmu untuk jalan yang akan kamu lalui
ajaklah orang lain kemungkinan terburuknya adalah mereka akan menolak, namun kita wajib menjelaskan kemana bis akan menuju, melewati jalan mana saja dan apa yang akan didapatkan di tempat tujuan. Selalu memberikan energi positif saat menjelaskan rencana perjalanan busmu ini.                                                                                                        
5.Jangan memboroskan energimu dengan mereka yang tidak bersedia untuk berada dalam busmu
- Enjoy your ride, musuhmu adalah energi negatifmu maka janganlah membuang waktu untuk mengurusi musuhmu ini dan mengabaikan anggota tim yang mendukungmu dan memberikan energi positif. kadangkala kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan musuh kita agar ktia tampak baik bagi merkea yang mana malah memboroskan waktu berharga yang bisa kita berikan pada suporting team kita.

6.tempelkan tanda yang menyatakan :"Penghisap energi tidak di ijinkan ada dalam bus!"
pastikan tidak ada penghisap energi dalam bus mu - ajak lah bicara para penyebar energi negatif itu, beri kesempatan untuk masuk dalam bis mu dengen komitmen penuh terhadap tim. Bila menolak maka jangan libatkan sama sekali dalam perjalanan mu. Bila ada si penghisap darah pastikan dapat komitmen mereka untuk bekerja sama atau turunkan mereka di halte berikutnya

7.Antusiasme menarik lebih banyak penumpang dan membuat mereka berenergi sepanjang perjalanan itu
"Tujuannya bukanlah untuk menjadi lebih baik dari semua orang lainnya melainkan menjadi orang yang lebih baik dari kemarin"
bebaskan kekuatan dari hati dengan energi postif yang dimiliki and ubah menjadi optimisme dalam kehidupan dan pekerjaan, jangan biarkan rasa takut menghentikan setiap tantangan yang menghadang. ketika kamu antusias, kamu merasa sangat baik dan lingkungan sekelilingmu juga merasa baik

8.Kasihi penumpangmu
Jadilah magnet kasih dengan mengasihi keluarga, tim dan pelangganmu, caranya -
- sediakan waktu untuk mereka
- dengarkan mereka
- hargai mereka
- layani mereka
- tampilkan yang terbaik dalam diri mereka

9.Mengemudilah dengan tujuan
buatlah tujuan yang lebih besar dari mimpi yang kamu miliki. tujuan ini haruslah memotivasi semua penumpang dalam bus, kadangkala ini adalah tujuan akhir (ultimate goal) buat seluruh anggota tim yang ingin mereka wujudkan. kadangkala brain storming dengan seluruh anggota tim untuk menentukan tujuan tim tersebut akan sangat membantu mendapatkan tujuan akhirnya.

10.Bersenang-senanglah dan nikmati perjalanannya
tujuan dalam kehidupan adalah tujuan untuk berjiwa muda, bersenang-senang dan tiab apda tujuan akhirmu selama mungkin dengan senyum di wajahmu.

dalam bab terakhir buku ini ada 10 langkah yang detil (guidance) bagaimana cara menerapkan ke-10 prinsip yang ada dalam buku ini.

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism