Sunday, November 15, 2015

Filled Under: , , ,

ON

Share
Judul: ON
Sub-Judul: -
Pengarang: Jamil Azzaini
Penerbit: Mizania
Cetakan: V - Jul 2013

Ciri hidup itu adalah berubah dan bertumbuh. Jadi, bila anda hanya diam dan tak mau berubah, sesunguhnya anda telah mati. Perubahan itu sendiri tidak selalu membawa kepada hal-hal yang mudah, indah dan menyenangkan. Itulah sebabnya kebanyakan orang enggan melakukan perubahan alias enggan move-ON. Padahal tidak ada kemajuan yang bisa anda raih tanpa melakukan perubahan.

Dalam situ pengembangan diri livestrong.com - hal yang perlu dipersiapkan untul move adalah -

  1. Mendeteksi diri - apakah sudah on track atau belum?
  2. Ada empat cara mendeteksi ON dalam diri kita yaitu dengan visi-ON; acti-ON; passi-ON dan collaborati-ON. Sumber energi dan semangat itu datang dari diri kita sendiri dan juga dari lingkungan pergaulan. Gabungkan dua sumber energi itu maka agar menjadi kekuatakan yang dahsyat.
  3. Setup ulang - diri kita mengikuti perubahan dari luar dengan cara perlahan-lahan mengubahkan kebiasaan dan segala sesuatu yang diperlukan.


visi-ON.
Buatlah Visi anda untuk akherat dan dunia, ajukan tiga pertanyaan dasar bagi visi anda tersebut -
pertama, apakah keuntungan bagi saya bila visi tercapai? - buat sedikitnya 5 keuntungan dan resapi dalam hati anda
kedua, siapa sajakah pemetik manfaat bila visi anda tercapai? - makin banyak makin baik dong dan sebutkan pula manfaat yang akan mereka terima
ketiga, apakah ketercapaian visi hidup ini akan membuat saya masuk surga? - rugilah bila anda melakukan sesuatu yang hanya bertujuan untuk mendapatkan balasan di dunia saja.
Buatlah resolusi tahunan yang mendukung visi yang dibuat ini.

acti-ON
action itu kerja dan kerja ada tiga - kerja keras, cerdas dam ikhlas.

Kerja keras- di lapangan yang berulang-ulang akan melahirkan myelin (muscle memory). Myelin adalah sumber darisegala talenta yang dibentuk melalui latihan yang terprogram. Myelin ini tersebar merata dalam bentuk sistem syarat pada otot-otot manusia yang memberi perintah dan menyimpan informasi. Intnya, anda harus mau berkeringat. Anda harus mau berlatih menguatkan otot-otot anda. Jangan hanya sibuk dengan wacana tanpa aksi. Jangan pernah percaya denga ntawaran bisnis tanpa keringat, tetapi hasilnya berlipat. Albert Einstein mengatakan: kesuksesan itu ditentukan oleh 1% inspirasi dan 99% kerja keras.

Kerja cerdas- anda tidak cukup hanya menguatkan myelin alias muscle memory, namun anda juga harus mengoptimalkan brain memory alias otak anda. Brain memory terbentuk dari ilmu pengetahuan, sedangkan myelin terbentuk dari latihan. Gabungan keduanya akan menghasilkan ide-ide brilian yang meningkatkan daya saing hidup anda. Dengan ini anda akan terhindar dari cap sebagai NATO - NoActionTalkOnly

Cara berpikir kerja cerdas adalah
Ciptakan jalan anda- selalu tanyakan kepada diri Anda, "Melalui jalur apa kira-kira Sang Maha Pemberi rezeki akan menggelontorkan rezekinya kepada saya?" dan tanyakan juga kepada diri anda "Bila melalui pekerjaan saat ini, pantaskah saya meminta rezeki dalam bentuk uang senilai satu milyar, padahal saya bergaji dibawah 10 juta setiap bulan?" Kalau jawabannya "tidak pantas", lanjutkan pertanyaannya, "Kira-kira jalan apa yang saya bisa ciptakan agar pantas dan cukup menampung uang sebanyak itu?"
Bagi para pebisnis pertanyaannya dapat seperti, "Apakah bisnis saya sudah siap mengelola dana yang berlimpah? Wadah apa yang perlu saya siapkan bila Allah menggelontorkan dana yang berlimpah? Apakah saya sudah menyiapkan jejaring dan juga SDM yang siap mengelola dana besar?"

Berubah atau tertinggal- Albert Einsten berkata,"Hanya orang-orang gila yang mengharapkan hasil yang berbeda, tetapi menggunakan cara-cara yang sama." Coba cara baru, cobalah strategy baru dan hal-hal baru. Dengan cara ini hidup akan bermutu. Kerja cerdas sangat diperlukan dalam dunia yang berubah begitu cepatnya. PErubahan dunia memang sangat dipicu dengan cepatnya perubahan di dunia teknologi informasi.

seorang yang expert tidak akan pernah membedakan pentingnya melatih myelin dan brain memory, sebab keduanya harus berjalan beriringan. Jadilah "Aku yang terlatih, Aku yang hebar" dengan cara menguatkan myelin dan brain memory anda.
Bagaimana hargamu bisa mahal kalau kamu ngga punya keahlian yang menonjol.


Kerja ikhlas- Libatkan Tuhan
melibatkan Sang Mahakuasa dalam aktifitas sehari-hari ternyata bia mendatangkan, mengundang dan melipatgandakan rezeki. Caranya adalah - bertakwa, bertobat, shalat dhuha dan tahajud, sedekah, orang tuamu tidak tergantikan (RAsulullah bersabda- barang siapa ingin dipanjangkan uurnya dan diluaskan rezekinya, hendakah ia berbabkti kepada orangtuanya dan menyambung tali silaturahmi.

Hindari maksiat kecil, apalagi yang besar- Hati-hatilah terhadap dosa kecil yang sering kau lupakan. Boleh jadi berat dosa itu sama dengan dosa besar yang dilkaukan oleh orang lain.


passi-ON

ada 3 cara untuk mengetahui apakah Anda sudah berada ada jalur passion anda -
pertama, sesuai dengan passion. Bila semua jawab peratanyaan berikut adalah YA, kemungkinan besar anda sudah berada dijalur yang benar. Apakah anda sangat menyenangi kegiatan tersebut? Apakah anda sering larut (flow) atau enjoy melakukan perkerjaan tersebut? Apakah anda rela untuk tidak dibayar melakukan pekerjaan tersebut?

kedua, selalu ada progress (kemajuan). apakah tahun ini prestasi anda  meningkat? bagaimana dengan kemampuan anda? apakah hasil kerja anda meningkat?
ketiga, pengakuan dan penghargaan. Apakah teman-teman anda mengakui keahlian anda? apakah pimpinan atau mitra kerja memberikan apresiasi positif terhadap profesi yang dijalani? apakah ada pihak yang rela membayar anda dengan harga yang layak?


collaborati-ON
dibandingkan sendirian kolaborasi bisa membuat tenaga yang dikeluarkan menjadi berkurang (-), hasil usaha menjad berlipat (kuadrat) dan berkah melimpah (+). Kita perlu berkolaborasid dengan banyak pihak lain. MEngapa kolaborasi bukan kerja sama? karena kolaborasi lebih mencerminkan kita bisa bekerja sama dengan orang atau organisasi dengen keahlian dan tugas yang berbeda, tapi bisa memperoleh keuntungan bersama.

conclusi-ON
Nikmatilah proses, bila proses yang kita lakuka nberkualitas hasilnya pun berpeluang besar berkelas. Sebaliknya, nila kita hanya fikus pada hasil maka proses yang dijalani bisa menghalalkan segala cara dan menjerumuskan kita pada maslah baru. Agar anda move-on maka keempat 4-ON (vision, action, passion dan collaboration) harus sejalan.
DAlam keseharian, marilah kita nikmati proses mencapai kehdiupan suksesMulia dengan cara-cara yang baik. Tinggalkan cara-cara yang menjerumuskan hidup dalam jangka panjang agar tidak tejadi penyesalan di kemudian hari.

ingatlah perjalanan untuk mendapatkan sari pati kelapa yang membuat banyak masakan di indonesia menjadi enak sebagai proses yang harus dijalaninya. Dimulai dari pemilihan pohon kelapa yang baik dan diambil juga buahnya yang terbaik, di jatuhkan dari atas pohon, ditusuk untuk dikuliti kulit luarnya, dipukul untuk dipecahkan bagian dalamnya. Masih juga harus di cukil dan dikerok dari cangkanya, tidak berhenti disana proses selanjutnya adala memarut daging kelapa ini dengan besi-besi kecil yang tajam. Masih juga dilanjutkan dengan memerasnya hingga mendapatkan sari pati airnya yang akan digunakan ibu-ibu di indonesia untuk memasak. renungkanlah perjalan si kepala ini dengan kehidupan kita sehari-hari.


2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism