Sunday, March 15, 2015

Filled Under: ,

Saatnya Menjadi Pengusaha

Share
Judul: Saatnya Menjadi Pengusaha
Sub Judul: Anda boleh menjadi pegawai, Asal…
Penulis: Arif M.Iqbal Dawami
Penerbit: ElexMedia Komputindo
Cetakan: 2013


Dasar utama untuk berubah – dalam hal ini dari seorang pegawai menjadi pengusaha – menurut penulisnya adalah perubahan mendasar di pola piker anda atau bahasa kerennya Mindset. Hal ini di illustrasikan dengan paragraf yang bercerita tentang bagaimana pemimpin China modern Deng Xiaping mengatakan bahwa “Menjadi Kaya itu Mulia”

Sementara, rezim yang  sebelumnya sangat menabukan pengucapan hal ini karena menurut mereka komunisme dan sosialisme dicirikan dengan kemiskinan orang-orang di Negara yang menganut faham ini.

Petuah “Menjadi Kaya itu Mulia” benar-benar menginspirasi seluruh rakyat China untuk berkembang dan menjadi modern demi mendapatkan kekayaan. Mereka semua terdorong untuk segera bangkit dan mendayagunakan potensi, keahlian secara optimal terutama dalam bidang ekonomi agar bisa tumbuh, maju dan hidup sejahtera. Maka bermunculanlah banyak perusahaan2 yang bargaya kapitalis yang menjadi lokomotif bagi modernisasi ekonomi china.

Bila ada pertanyaan apakah beda antara pedagang dan pengusaha? Maka jawabannya adalah: Secara sederhana perbedaannya adalah pedagang menuntut kehadiran dirinya untuk menjalankan bisnisnya, sementara pengusaha dapat menjalankan bisnisnya tanpa mengharuskan kehadiran dirinya. Pedagang bersifat shorter hanya berfokus pada penghasilannya hari ini saja, sedangkan pengusaha haruslah mempunyai visi, apa yang ia harapkan di kemudian hari.


Kiat-kiat memulai usaha adalah:

Niat – segala perbuatan tergantung dengan niatnya. Niat terkuat biasanya dating dengan alasan Allah SWT atau juga dari sesame, terutama sekali adalah keluarga terdekat yang sangat dicintainya apakah istri/suami atau terutama sekali adalah anak-anak.

Action – bertindak saja dahulu jangan terlalu banyak dipkirkan dan dipertimbangkan baik buruknya, alias jangan kelamaan mikir. Jalani saja dan baru perkiri bila ternyata tidak jalan atau bagaimana untuk mempercepat kemajuannya. BEgitu ada IDe langsung saja take action.

Modal – modal bukan hanya semata-mata uang saja dan juga bukan karena tidak punya uang maka merasa tidak memiliki modal sama sekali. Coba pertimbangkan hal-hal berikut sebagai modal usaha – dan ternyata anda sudah memilikinya sejak dahulu –
Ide: pasti anda pernahlah sekali dua memiliki ide tertentu tentang usaha;

Waktu - setiap manusia di dunia ini diberi jatah 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, semua sama tanpa kecuali. Namun, kenapa semua orang tidak menjadi pengusaha atau orang kaya? Manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Kemampuan - anda pasti memiliki kemampuan yang menjadi keahlian anda, apakah bernyanyi atau membetulkan mesin. Pasti dech ada sesuatu yang anda sangat ahli dan mahir melakukannya. Kemampuan ini bisa kemampunya yang terlihat (tangible) atau pun tidak (intangible)

Sabar - ikuti dan jalani prosesnya jangan pengen selalu ingin cepat berhasil tanpa adanya usaha dan tanpa menghadapi halangan atau pun masalah. TIDAK MUNGKIN. Untuk itu Anda musti yakin akan pertolonganNya, karena Dialah yang maha menyelesaikan segala masalah yang anda hadapi.

Tekun dan Fokus - Ketekunan sangatlah mempengaruhi keberhasilan, karena seseorang yang kurang tekun akan mudah berganti arah sebelum mencapai keberhasilan. Ketekunan bisa berari juga rajin, konsisten dan juga sabar alias tidak terburu-buru. Tekunlah dalam berusaha dan berdoa.

Belajar -  Janganlah pernah untuk berhenti belajar, karena masih selalu ada langit di atas langit. Sebagai pebisnis pemula sering orang terperosok pada bisnis yang kemudia ia sesali. Atau bisa juga bisnisnya seolah tidak bergerak. Bukan keuntungan yang didapat, kebuntungan yang diraih. Oleh karena itu, tetaplah belajar, jangan berhenti belajar bisnis kawan.

Hal-hal yang harus dilakukan dalam usaha:
Sebenarnya banyak hal yang diperlukan untuk melkukan sebuah usaha, namun si penulis merangkumnya menjadi 7 buah hal yang harus dilakukan dalam usaha yaitu:

1.VisionerVisi - secara sederhana adalah suatu bentuk bisnis anda dimasa depan, tentukan apa yang perlu anda bangun dan apa hasil yang anda idamkan.

Sebagai pengusaha anda memerlukan Visi, berikut alasannya:
  • secara alami anda memulai bisnis dengan impian - bayangan atau impian anda tentang bisnis dan diri anda 5 tahun atau bahkan 10 tahun kedepan
  • Visi adalah gairah Anda - dapat membangkitkan semangat kerja, membakar gairah dan membuat bekerja keras
  • Jangan biarkan impian hanya ada di awang-awang - ia tahu apa yang diinginkan dan tahu bagaimana orang lain memahami mimpinya
  • Visi menjaga fokus Anda - putuskan produk yang bisa memenuhi impian anda
  • Visi bukan ide bisnis - bahkan lebih dari sekaedar keuntungan
    • 1.    Tentukan Jangka Waktu
    • 2.    Ingin seperti apa bisnis anda dimasa depan
    • 3.    Diskusikan dengan orang sekitar anda

2.Marketing
Menguasai marketing berarti anda bisa lebih memahami konsumen anda dnatahu cara untuk mengembangkan produk dan diri anda.
Positioning - bagaimana kita memposisikan bisnis kita ke dalam pasar dan konsumen
Differentitation - Hal apa saj ayang membedakan kita dengan pasar. Di sinilah keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar bsisns tersebut dapat mencolok dari bisnis2 yang lain yang memiliki genre yang sama.
Branding - pemilihan nama, logo, slogan menjadi senjata agar konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga diperlukan keserasian nama.

•    Distribusi
•    Display
•    Promosi
•    Konsultan
•    Pelayanan
•    Menjaga Citra

3.Connecting
Koneksi akan memudahkan produk atau jasa yang ingn kita tawarkan. Bukan hanya itu, dengan kopneksi yang luas bahkan peluang bisnis baru akan bisa dengnan mudah terbuka. Dalam berbisnis untuk mewujudkan mimpi kita tidak bisa sendirian, kita membutuhkan bantuan tim kita, relasi dan pelanggan kita.

  • Jadilah pendengar yang baik
  • Tanyakan pertanyaan & tunggu jawabannya
  • Tetap bergaul dengan orang2 yang anda hargai
  • Kursus yang untuk meningkatkan softskill
    • Cara berbicara di depan umum
    • menjaga bahasa tubuh saat berbicara
    • bagamana cara menulis yang benar
4.Kualitas Produk & Pelayanan
Menawarkan produk yang berkualitas rendah dan tidak dibutuhkan hanya akan meruntuhkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan kita. Kualitas produk dan pelayanan yang membuat pelanggan puasm yang pada gilirannya menghasilkan kesetiaan pelanggan dan selanjutnya mendatangkan keuntungan bagi bisnis kita.

5.Silaturahim
silaturahim membuat teman Anda akan bertambah banyak; temen2 Anda mengetahui bisnis anda, teman-teman anda akan lebih nyaman berbisnis atau bertransaksi dengan orang yang sudah dikenal. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah membangun silaturahmi"

6.Inovatif
siklus suatu produk biasanya akan menurun setelah pasar stagnan, namun dengan adanyanya inovasi sebuah produk akan bangkit dan bertumbuh terus. Yang tak kalah pentingnya adalah inovasi adalah cara utnuk memenangkan persaingan. Inovasi merupakan kunci keberhasilan dalam memenangi persaingan bisnis di masa sekarang maupun mendatang. Inovasi juga adalah pembaharuan produk/jasa/pelayanan etc yang bertujuan memberikan nilai lebih pada suatu produk dengan ide baru yang berbeda dengan produk lainnya.

  • -    Produk
  • -    Pemasaran
  • -    Penjualan
  • -    Konsumen
  • -    Pelayanan

7.Kreatif
menciptakan ide atau gagasan baru yanbg mempu menghasilkan produk baru yang belum ada sebelumnya dan bisa digunakan untuk masyarakat. 


Menurut Zimmerer - kreativitas adalah kemampuan untuk mengembakan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. 

Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.
  • buatlah ide-ide baru
  • lawan ketakutan akan perubahan
  • motivasi yang kuat
  • terima opini orang lain
  • perbanyak pengetahuan anda

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism