Sunday, March 15, 2015

Filled Under: ,

Rahasia 7 Waktu Shalat

Share
Judul: Rahasia 7 Waktu Shalat
Sub Judul: Menyingkap rahasia di balik setiap perintah shalat Tahajud-Subuh-Dhuha-Zuhur-Asar-Maghrib dan Isya
Penulis: Ahda Bina A.,Lc.,M.H.I
Penerbit: Shahih – kelompok penerbit Ziyad Visi MEdia
Cetakan: Juli 2012

1.Latar Belakang① Keutamaan Waktu

  • Dengan Waktu, Allah bersumpah
  • Dengan Waktu, Manusia Beribadah
  • Waktu tidak pernah berhenti atau kembali

② Keutamaan sebagian waktu di bandingkan dg yang lainnya


1.Bulan Ramadhan

  • Bulan di turunkannya Al-Quran
  • Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu Neraka
  • Setahun Ramadhan

2.Keutamaan Hari Jumat
Rasulullah bersabda: ' penghulu seluruh hari adalah jumat, ia merupakan yang paling agung, Bahkan di sisi Allah, ia merupakan hari yang lebih agung dari pada hari Idul Fitri, Idul Adha. 

Hari Jum'at memiliki lima keutamaan yaitu:
  1. pada hari itu Allah menciptakan Adam
  2. pada hari itu Allah menurunkan Adam ke bumi
  3. pada hari itu Allah mewafatkan Adam
  4. pada hari iru tidak ada seorang pun yang berdoa melainkan Allah pasti mengabulkannya selama tidak meminta yang haram,
  5. pada hari itu akan tejadi Kiamat.
  6. Tidak ada malaikat disisiNya, di langit, di bumi, di udara, di gunung ataupun di laut melainkan mereka semua takut terhadap hari jumat. (HR.Ahmad)
  7. Tanda keutamaan umat Muhammad
  8. Keutamaan yang bermacam-macam

3. Keutamaan sepertiga malam terakhir

Sabda Rasul yang artinya: Allah Tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia pada setipa malam, uaitu pada seprtiga malam terakhir. ia berfirman: Siapa yang berdoa padaKu pasti Aku kabulkan. Siapa yang meminta padaKU pasti Aku beri. Siapa yang memohon ampunan padaKu pasti aku ampuni" (HR.Bukhari)


③ Waktu-waktu yang Dilarang Shalat
1. Ketika Matahari mulai terbit
2. Ketika Matahari tepat di atas kepala
3. Ketika Matahari mulai tenggelam

2.1.Tahajud

  • ①    Waktu terdekat antara seorang hamba dan Allah
  • ②    Waktu beribadah dengan jaminan Surga tanpa hisab
  • ③    Waktu paling mustajab
    • Sungguh pada malam hari itu terdapat suatu waktu yang bila seorang Muslim berdoa kepada Allah tentang sesuatu, baik urusan dunia maupun urusan akhirat pasti Allah akan mengabulkannya. Dan waktu seperti itu ada pada setiap malam (HR.Muslim)
  • ④    Waktu beribadahnya orang-orang saleh sebelum kita
  • ⑤    Waktu shalat sunah yang paling banyak pahalanya
    • Shalat di masjidku (masjid Nabawi) setara dengan sholat sepuluh ribu kali (di masjid biasa). Shalat di Masjidil; Haram setara dengan seratus ribu kali (di masjid biasa). Shalat di ardhur ribath (tanah perbatasan dengan musuh) setara dengan shalat satu juta kali. Dan lebih banyak dari itu semua, shalat dua rakaat yang dilaksanakan seorang hamba di tengah malam. Ia tidak mengharapkan apapun dari shalat itu kecuali apa ytang ada di sisi Allah 'Azza wa Jalla' (HR.Abu asy-Syaikh al-Hibban, dalam kitab ats-tsawab)
  • ⑥    Waktu Memanen Kemuliaan
  • ⑦    Waktu bergadang bersama para bidadari
  • ⑧    Waktu membuat Allah tertawa
  • ⑨    Waktu istimewa untuk membaca Al-Quran

3.2.Subuh

  • ①    Waktu terbaik untuk memperbanyak dzikir
  • ②    Kesempatan mendapatkan yang lebih baik daripada dunia
    • shalat sunnah dua rakaat di waktu fajar (subuh) itu lebih baik daripada dnia dan seluruh isinya (HR.Muslim)
  • ③    Terdapat istighfar yang memasukkan ke surga
  • ④    Kesempatan memperoleh pahala haji dan umroh
    • Dari Anas bin Malik, ia berkata: Rasulullah bersabda "Barangsiapa shalat Subuh berjamaah, kemudian berzikir hingga matahari terbit, kemudian shalat sunah dua rakaat maka baginya sperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna (HR.Tirmidzi)

4.3.Dhuha
waktu yang paling baik adalah ketika sinar matahari mulai terasa panas atau dalam istilah ornga Arab zaman dulu: ketika anak-anak unta mulai kepanasan dan bersembunyi di balik tubuh induknya.
①    Waktu bersedekan yang paling mudah
②    Sama dengan kemuliaan waktu sepertiga malam
③    Waktu tercepat membangun istana
④    Sebuah pintu di surga bernama Dhuha

5.4.Dzhuhur
Diantara keutamaan waktu sholat dzhuhur adalah waktu dibukanya pintu langit. Sesungguhnya ointu-pintu langit dibuka pada waktu tergelincirnya matahari (waktu dzhuhur). Pintu-pintu itu tidak ditutup hingga didirikannya sholat Zhuhur, aku senang pada waktu itu ada kebajikan dariku yang diangkat ke langit sana (HR.Ahmad)
Dari Abdullah bi Said, bahwa Rasulullah selalu mendirikan shalat sunah empat rakaat sebelum dzhuhur. Beliau bersabada:"Ini merupakan waktu dibukanya pintu-pintu langit. Aku senang apabila pada waktu itu ada kebajikan yang aku lakukan di angkat ke sana (HR.Tirmidzi)

6.5.Ashar
Menyegerakan shalat Ashar di awal waktu. Rasulullah bersabda: Orang yang tidak melaksanakan shalat ashar itu seprti orang yang terputus keluarga dan hartanya (HT.Bukhari dan Muslim)

①    Waktu terbaik untuk memperbanyak dzikir
②    Terdapat sayyidul-istighfar (bacaan permhonan ampun yang paling utama)

7.6.MaghribDari Imarah in syabib, ia berkata Rasulullah bersabda: Barang siapa mengucapkan - La illaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wayumitu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir sebanyak 10x setelah shalat maghrib, maka Allah mengirimkan padanya para tentara untuk menjaganya dari gangguan setan hingga datang waktu shubuh, Allah menuliskan baginya 10 kebajikan, menghapusan 10 dosa besarnya dan pahala memerdekakan 10 orang budak yang beriman (HR.Tirmidzi)

8.7.Isya
Kita disunnahkan untuk menyegerakan shalat apabila telah masuk waktunya. amun khusu untuk shalat isya ini disunahkan untuk ditunda hingga sepertiga malam yang pertama. 

Adapun tujuan ditundanya adalah memperlama waktu shalat, karena selama kita dalam waktu menunggu itu kita dihitung sedang shalat. Rasulullah bersabda: Orang-orang sudah shatl dan tidur, sednag kalian tetap dalam keadaan shalat, selama kalian sedang menunggu shalat (HT.Bukhari)

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism