Sunday, March 15, 2015

Filled Under: ,

Shop Class as soulcraft

Share
Judul: Shop Class as soulcraft
Sub Judul: Temukan makna pekerjaan anda agar hidup anda lebih menyenangkan
Penulis: Matthew B.Crawford
Penerbit: Gemilang
Cetakan: I Feb2012

Terus terang menurut saya, buku ini termasuk dalam kategori buku “beurat


Berat karena saya tidak dapat cepat menangkan maknanya atau karena terjemahannya yang kurang pas? Namun saat membaca profil penulisnya, minimal saya merasa cukup jelas mengapa saya mengalami masalah seperti di atas :)

Matthew B.Crawford adalah penulis, filsuf, dan mekanik – kombinasi yang sangat tidak lazimkan  - dia juga meraih gelar doctor bidang filsafat politik dari University of Chichago, setelah sebelumnya menekuni bidang fisika dalam studi sarjananya. (???)sekaligus dia adalah pemilik bengkel Shockoe Moto di Richmond, Virginia.

Buku ini menurut saya menceritakan tentang kepuasan yang didapatkan dari melakukan pekerjaan manual dan dengan keahlian individual yang tinggi. Kepuasan akan pekerjaan didapatkan dari proses pekerjaan manual itu sendiri sehingga mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.


Terutama sekali di era digitalize yang sudah hampir masuk di semua sector kehidupan kita. Pekerjaan yang monoton, teratur dan menhasilkan sesuatu yang seragam dalam pekerjaan yang hampir semuanya dapat di otomatisasikan.

Dimana aktualisasi diri diwujudkan melalui pekerjaan manual – dalam hal ini adalah memperbaiki motor tua hingga laik jalan kembali.

…orang yang bekerja mengenali produknya sendiri di dunia yang sudah diubah hasil karyanya: dia mengenali dirinya sendiri dalam karyanya, disana dia melihat realitas kemanusiaannya sendiri, di dalam karyanya dia menemukan dan menyingkapkan relaitas objective dari kemanusiannya, dari gambaran yang sangat subjective dan abstrak yang dia miliki tentang dirinya sendiri…

Nah… beratkan mencernanya... :D


Buku ini juga menjadi tempat cerita bagaiman penulis menempuh perjalanan hidupnya, hingga berakhir di bengkel motor tua

‘…terjun ke dunia usahameruoakan terpai yang baik bagi anda yang merasa ada sesuatu yang tidak pada tempatnya dan aneh dalam upaya Anda memahami dunia, dna karena itu tindakan Anda itu tindakan anda di dunia tidak benar.’

Inti pelajaran yang bisa saya ambil dari buku ini adalah 

  1. lihatlah sesuatu dari kacamata yang berbeda sesekali, 
  2. kadang kepuasan kerja akan dating disaat kita menikmati process dalam pekerjaan yang kita cintai; 
  3. kegiatan yang berhubungan langsung dengan fisik akan memberikan kepuasan yang lebih tinggi bagi kita dibandingkan hanya memikirkannya saja.

Selamat berjuang membacanya....

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism