Monday, November 12, 2007

Filled Under:

Wealth Magic

Share
by Peter Spann 2002 published by arrangement with Harpercollinc Publishers PTY Ltd 25 Ryde Road Pymble, New South Wales 2073 Australia

alih bahasa: Bambang Soemantri - Editor: Weni Rahayu - Layout: Simon
Hak cipta terjemahan bahasa indonesia: Penerbit PT Bhuana Ilmu Popular Jl Kebahagiaan No.11A Jakarta 11140 cetakan Jan 2004; Mar 2004; Nov 2004
hal pertama yang dibahas dalam buku ini adalah tentang mind set, ini jelas karena mindset adalah dasar dan nafas dari seluruh kegiatan wealth magic.

Mindset yang di sharing oleh peter span adalah:
- apa perbedaan kaya dengan sukses?  

Kaya = memiliki banyak uang; 
Sukses = anda mengerjakan yang anda suka dan menyukai apa yang anda kerjakan. 
Anda tinggal memilihnya untuk menjadi goals anda.

- Tidak ada jalan pintas menjadi kaya?

Perjalanan menjadi kaya didapat secara bertahap dan komponen yang mempengaruhinya adalah: waktu; usaha; pengetahuan dan energi


- apakah beresiko menjadi kaya?
Peluang menjadi kaya selalu ada namun jangan takut dulu dengan segala resiko yang mengikutinya, karena tidak ada peluang yang tanpa resiko.

Maka menurut peter span yang harus anda lakukan adalah  

[1] fokus pada kemajuannya dan berpikiran positif atas pencapaiannnya, 
[2] setiap kesempatan pasti disertai dengan masalah yang ada, makin besar peluang maka makin besar pula peluang yang terbuka. pecahkan masalah ini untuk kemajuan melangkah pada step berikutnya.
ada 3 hal yang menjadi daya tarik mendatangkan uang yaitu

  1. keunikan;
  2. nilai tambah dan
  3. sarana tambahan – leverage.

Secara detil digambarkan dalam buku ini apa saja yang dimaksud dengan ke-3 kunci daya tarik uang tersebut.


UNIQUE
itu adalah hal yang diinginkan orang; sifatnya yang unik dan specific; hanya anda yang punya dan orang mau membayar harganya.


NILAI TAMBAH:
memberi nilai tambah dalam hidup dan kehidupan orang lain maka anda akan keluar sebagai pemenangnya. Yang bisa dijadikan target untuk memberi nilai tambah orang lain adalah: kekayaan; kesehatan; kualitas hidup; kebahagiaan; cinta dan waktu.


SARANA TAMBAHAN
– Leverage: gunakan daya ungkit atau sarana tambahan ini untuk mengingkatkan penghasilan dan/atau penghargaan
peter span juga membeberkan pengalamannya dalam melakuan action-action baik yang berhasil maupun tidak berhasil pada bab-bab selanjutnya.

Hal ini cukup menjadi daya tarik buku ini karena merupakan pengalaman pribadinya sendiri.

3 elemen investasi adalah pertumbuhan; penghasilan dan resiko kecil; ke3 hal ini adalah yang menjadi pertimbangan dasar anda berinvestasi,

namun peter juga menerangkan bahwa sudah pasti mustahil untuk mendapatkan jenis investasi yang dapat memenuhi ke-3 elemen tersebut, seperti investasi apa yang memberi pertumbuhan tinggi dengan tingkat penghasilan yang besar serta resiko kecil.

sedapat mungkin dapatkan investasi yang minimal memenuhi 2 dari 3 kriteria tersebut. Hal yang harus selalu diingat adalah :
pertumbuhan: meningkat karena waktu; penghasilan: tunai yang didapat dari deviden, sewa atau bunga. resiko kecil: tingkat kehilangan modal kita rendah
Sejauh keterangan yang dibuat dalam tiap bab buku ini adalah tentang segala action yang dilakukan semenjak dia berada diposisi yang terbawah, sebagai kasir suatu swalayan hingga menjadi kaya yang dapat diraihnya dalam kurun waktu 7 tahun. Selama 7 tahun ini hal yang dilakuannya dapat disarikan menjadi:

  1. membangun bisnis sendiri;
  2. memiliki property dengan cash flow yang positif plus
  3. investasi di saham, sebagai leverage untuk mendapatkan equity.

Dalam tiap bab yang membahas ke 3 hal diatas diberikan tips dan trik yang cukup membuka wawasan kita dalam melakukan investasi menjuj wealth magic. secara keseluruhan buku ini termasuk buku yang wajib dibaca, baik sebagai referensi maupun memotivasi kita dalam mencapat wealth atau kesejahteraan kita sendiri.

Cetakan buku, jenis kertas, ukuran tulisan dan terjemahannya cukup mudah untuk dipahami dan dicerna oleh orang awam sekalipun.
Peter span membeberkan pengalaman pribadinya baik tentang keberhasilannya, maupun kegagalan yang dialaminya. Hal ini sebagai pelajaran kita dalam menentukan jalan yang akan kita pilih nantinya.
Isi fokus di tiga bidang investasi :
bisnis =tahap awal yang dilakukannya dalam memulai perjalanan menuju Wealth Magic;
property = bagian yang digunakan untuk mendapatkan

  1. passive income
  2. positive cashflow dan
  3. penumpukan asset dan saham leverage dalam meningkatkan assetnya secara cepat dengan mempertimbangkan segala resikonya

Kesimpulan dibuat di tiap akhir bab dan intisarinya dibuatkan pada bab terakhir yang merupakan intisari dari buku ini. Rasanya wajib dibaca oleh Anda yang sedang menuju kebebasan financial anda di dunia ini.

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism