Friday, December 18, 2015

Filled Under: ,

Big Brain, Big Money

Share
Judul: Big Brain, Big Money
Sub-Judul: 24 pikiran terlarang yang akan membuat anda kaya raya
Pengarang: Tom McIfle
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Umum
Cetakan: 2010

Tags: wealth, mindset

semakin besar kapasitas pemikiran, penghayatan, wisdom dan filosofi maka semakin mudah bagi anda untuk mengubah perilaku dan tindakan, yang dapat dirumuskan sebagai - 

STRATEGI + ACTION = RESULT
INFORMATION + ACTION = POWER

kata "Edukasi" berasal dari kata Eduko (latin) yang berarti membangun dari dalam diri. Ini adalah filosofi coaching, membuka potensi dari dalam. Karena pada dasarnya semua orang kaya akan pengetahuan yang belum digunakannya. 
Coaching adalah metode kuno yang sangat powerful, karena hanya dengan emnggunakan pertnyaaan-pertanyaan yang tepat anda bisa mendapatkan pengetahuian yang tersususn menjadi rencana tindakan. 

1.Attitude is everything
Mental Miskin - Hidup saya senang atau susah bukan karena saya yang bertanggung jawab, melainkan karena orang lain atau ada faktor lain yang menyebabkan ini!
Mental Kaua - mereka selalu mengajkan diri untuk bertanggung jawab lebih. Sifat mereka: punya inisiatif, bisa diandalkan dan bertanggung jawab. MEreka adalah orang yang mengambil alih sitauasi, selalu memperhitungkan segala tindakannya dan bertanggung jawab atas hasil yang dicapai, apa pun hasilnya.

Kondisi = kejadian + reaksi anda

2.Mistake equals Learning
MEngapa banyak orang gagal yang terpuruk dan tidak bisa bangkit lagi? bahkan ada yang sampai bunuh diri? --> karena dalam hati dan pikirannya yakin pasti berhasil. Tidak pernah terbersit bahwa ada kemungkinan gagal. Dan mereka kaget, ketika gagal, mereka kecewa dengan sangat mendalam. Tahukah anda bila gagal adalah sesuatu yang pasti dalam bisnis?

3.You stop growing when you stop learning
saat anda mengatakan saYA TAHU, maka artinya anda telah memutuskan kreativitas berpikir anda saat itu juga. hilangkan mental 'I know' ini, begitu ini terjadi maka kesempatan anda untuk belajar akan hilang

4.Your Time is Your Money
Rich People spend money ti save time, poor people spend time to save money. Untuk mengembalikan waktu agar anda bisa sibuk untuk hal-hal yang lebih menghasilkan, anda harus belajar mengelola waktu.Pastikan anda memahami cara mengelola diri sendiri, tim, dan customer agar waktu anda efisien. 
PAstikan anda tahu mana 20% aktifitas yang menhasilkan 80% pendapatan. DAn.... pastikan 20% aktifitas tersebut selalu dalam KENDALI anda.

5.ASk and you shall receive
thingking is a process of asking and answering question. Berpikir itu tidak ada lain kecuali bertanya jawab saja. Anda tanya apapun, otak anda akan bisa jawab. Bila anda menanyakan sesuatu yang besar, misalnya naikkan omzet 1.000% dengan naikkan omzet 10% tahun depan apakah ada bedanya? tidak, yang membedakan hanyalah jenis pertanyaannya.

6.The Why Factor
Mnurut Tony Robbins, satu-satunya alasan seseorang tidak memiliki kekayaan finansial adalah karena tidak memiliki alasan yang kuat untuk mengejar kesejahteraan tersebut. Maka, ketika muncul ide atau keyakinan yang kurang mendukung, mereka dengan pasrah menyerah pada keadaan.
Jadi apa alasan anda ingin punya BIG MONEY? 
BAgaimana menggali alsan dari dalam diri anda bisa menumbuhkan motivasi positif untuk mengejar kesuksesan lebih dahsyat lagi?

7.Business must be fun!
Fun itu sebuah pekerjaan. tidak gampang membuat segala sesuatu menjadi fun. Kita harus penya komitmen untuk have fun. KEtika kita sudah fun, bisnis kita akan mengikuti. percayalah!

8.There's nothing wrong with the mirror
kalau anda ingin merubah cermin maka anda harus merubah diri anda sendiri bukan orang lain yang kita ubah.

9.YOu can or can't you are absolutely right
dalam sistem otak kita tedapat sistem yang dikenal dengan reticular activating system (RAS), sistem ini merupakan syaraf yang mengontrol kesadaran seseorang. termasuk bila anda tidur maka diatur oleh syaraf ini. RAS mengeliminasi hal-hal yang dianggap tidak penting oleh otak kita. Bayangkan pada saat anda berfikir akan membeli mobil kijang warna biru maka mendadak di jalan anda melihat banyak kijang berwarna biru seliweran di jalan. ini contoh dari penggunaaan RAS ini

10.Make a habit of doint it now!
Dimana pun anda apa pun masalah yng anda temukan segera hadapi. Jangan biarkan masalah-masalah itu menjadi berlarut-larut.Tulislah dateline kapan masalah itu akan anda selesaikan.

11.Don't buy a job
jika anda menginginkan memiliki bisnis, dar awal anda harus memiliki real business. Memiliki mindset seorang business owner. Kalau kita tidak membuat bisnis bekerja untuk kita, maka kita hanya memiliki sebuah job.

12.Don't let your business runs you
bangunlah bisnis yang memiliki commercial profitable enterpize that works without you, karena anda punya sinergi yang bekerja dengan baik. anda memiliki keunikan di bisnis dan fundamental yang tepat untuk membangun bisnis yang bekerja tanpa anda

13.Sell your business
bila anda ingin kaya maka juallah bisnis anda, ini mindset yang harus anda miliki. Menjual bisnis bisa melalui franchise, saham/IPO atau di jual begitu saja. Maka saat membangun bisnis rasakan juga sepeti anda membangun rumah. tentu anda sudah membayangkan rumahnya akan jadi seperti apa? kamar mandi dimana? jendela menghadap kemana? handle kamar mandi dari merk apa? dan closet yang akan di pasang apa?
pernah berpikir bisnis akan beromzet berapa? berapa harga jualnya? sebesar apa bila sudah jadi?

14.See the forest from the tree
lihatlah tingkatan pengusaha dari masa seabagai employee dahulu - dimana posisi anda sebagai pebisnis
- saya seorang karyawan yang sedang membangun network dan knowledge
- saya seorang karyawan yang sudah siap keluar dan memiliki bisnis
- saya seorang pengusaha yang masih belajar
- saya seorang pengusaha yang sedang frustasi karena sangat sibuk
- saya seorang pengusaha yang siap memiliki bisnis yang berjalan tanpa owner

15.You wwork hard if your businesss doesn't
Kala kita bekerja untuk bisnis kita maka kita bekerja in the business, biasanya sibuk dalam operasional.
Empat sumberdaya vital yang harus anda jaga: WAKTU, TEAM, UANG dan KNOWLEDGE

16.Delegate 80% of your work
Kunci leverage adalah anda harus memiliki art of delegation, melawan art of application. Bedanya: dalam aplikasi, anda meminta anal biah anda bekerja sesuatu, meminta dia untuk mengerjakan A, kemudian anda lepaskan dan tidak pernah mengontrol dia sama sekali.Delegasi adalah memberikan goal dan mengontrol goal tersebut.

17.it's not how slow you start, it's how strong you finish
hidup seperti sebuah pertandingan dan akan menang bila dakhiri dengan baik. Sukses di garis akhir - Adhi Tirtawisata, Director Panorama Tours. Untuk sukses maka anda harus menjadi yang terbaik - OUTSTANDING, tidak cukup hanya GOOD tapi harus menjadi GREAT. Caranya dengan melakukan EXTRA MILE, Anda harus belajar dan bekerja "lebih" dari yang diharapkan.

18.Key of Success in Business is Lazyness
sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang dibilang sebagai go extra mile. Sebetulnya binis ownersejati tidak pernah berkeja di bisnisnya. Jika bisnis sudah berjalan dengan baik maka mereka bisa bermalasan. Buatlah cita-cita yang jelas dan bermakna. walau pun itu adalah bermalas-malasan sebagai targetnya.

19.Are you growing or dying?
Business like a tree, dia akan tumbuh atau mati tidak mungkin stagnant. Keputusan kitalah yang membedakannya. So, dalam mengambil keputusan, consciousness is very important. Tidak bereaksi spontan (bukan saat dikejar anjing gila) akan memberi Anda alternatif untuk memberi kesempatan agar intuisi Anda bekerja lebih clear. Baru otak kanan sangat ampuh mengawal sukses Anda.

20.If you can't than you must
Yang abadi di dunia ini adalah perubahan, dan perubahan seringkali membawa ketidaknyamanan. Jika anda merasa tidak bisa berubah, maka anda HARUS PAKSAKAN! ketika anda MEMAKSAKAN diri anda PASTI BISA! Untuk berubah ada beberapa syarat agar anda bisa menikmati perubahan yang positif - CIptakan VISI yang besar, DREAM BIG, THINK BIG! maka semua masalah akan tampak lebih kecil dari visi anda

21.Competition Equals Creativitiy
salah satu cara yang dapat anda tempuh untuk menghadapi pasar adalah melakukan out-think, out-market, dan out-maneuver terhadap competitor anda. Maka, kompetisi yang ada jangan ditanggapi dengan satu solusi. Lawanlah kompetisi anda dengan segala kreativitas yang bisa anda pikirkan. Lihat dari sudut pandang lain.

22.Ask for more
The reward "always" is available for those who "search"!
Selalu berpikir apalagi yang bisa saya berikan untuk customer, apalagi yang bisa dilakukan untuk tim saya. Ask for more. set your goal. ciptakan direction, ciptakan focus. ciptakan mementum, jadilah orang yang bermanfaat untuk bisnis anda

23.Life is meant to be abundant, believe it!
Hidup dengan abundant (berkelimpahan) akan jauh lebih baik dari pada dengan scarcity (ketakutan). Karena anda merasa dunia itu berlimpah daripada merasakan bahwa segala sesuatu serba terbatas. Maka tidak ada alasan bagi kita untuk pelit, atau tidak percaya bahwa dunia ini berkelimpahan.

24.Keep it Smile Jack!
Definisi brilian menurut Tom adalah orang yang sanggup membuat segala sesuatu yang seharusnya kompleks menjadi sederhana. Simple bukan berarti EASY. Simple berarti tidak ada yang dipersulit. Banyak hal yang membutuhkan pemuikiran sederhana, tapi membutuhkan komitmen. Tidak ada orang yang suka diperintah, orang lebih suka melakukan apa yang mereka sukai.




2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism