Wednesday, December 9, 2015

Filled Under: , ,

Resign by Design

Share
Judul: Resign by Design
Sub-Judul: 7 Rahasia sukses pensiun muda, sejahtera dan bahagia
Pengarang: Jumadi Subur - motivator karir, pensiunan muda
Penerbit: PT Zaytuna Ufuk Abadi
Cetakan: Oct 2015

berikut adalah 7 rahasia sukses muda yang ditawarkan oleh penulis dalam buku ini. Berikut adalah ke-7 rahasia yang dibagikan kepada pembacanya:

1.Empat Kesalahan Fatal Karyawan Resign
- ikut-ikutan
- alasan yang kurang tepat
- tidak punya rencana (design hidup)
- tidak memiliki rencana finansial

2.Money Life Quadrant: Dalam hal keuangan, kita termasuk kategori yang mana?
Setiap orang mendambakan situasi keuangan yang memungkinkan untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan namun tetap memiliki waktu luang untuk menjalankan aktivitas sosial.

3.Design Your Life: Rancang kesuksesan masa depan Anda sendiri
salah satunya adalah merencanakan berapa uang ayang kita ingin miliki untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita, sebelum memutuskan untuk pensiun. Semua rencana atau design ini haruslah dibuat secara tertulis.

4.Ciptakan Income Matrix sebelum memutuskan pensiun
Sumber kekayaan ini bisa dibagi menjadi lima yaitu - passive income, massive income, active income, other income dan sedekah.

5.Money Management: Manjemen finansial yang simple dan efektif
Money managemetn mempunyai irama yang harus kita pahami: Irama kewajiban-hak, irama kebutuhan-keinginan dan irama meabung-menuai. alokasi keuangan dapat dilakukan dengan membaginya kedalam 6 kantong kebutuhan: 1.10% barang atau sesuatu yang kita impikan; 2.10% untuk investasi pada ilmu, pengetahuan dan ketrampilan; 3.maksimum 55% untuk memenuhi kebutuhan hidup kita; 4.10% untuk membeli ksesnangan atau hobi; 5.minimal 5% untuk charity atau sedekah 6.sisanya untuk kebutuhan emergency.

6.Bukan hanya tentang laba dan kaya, tapi juga tentang surga dan neraka
Bisnislah sesuai syariah yang telah diajarkan oleh islam, karena bisnis adalah jalan menuju surga.

7.Agar percaya diri di Masa Purna Bakti
jangan di hambat masalah usia, tetaplah semangat untuk menjalani hidup ini. BAgaiman menyuntikkan spirit ini kedalam diri sendiri bahkan sampai mempengaruhi organisasi? Berikut sebagian caranya:
- ingat umur
- hati-hatilah dengan "menerima apa adanya"
- pandanglah ke depan
- bertanyalah "bagaimana caranya"
- kembangkan mindset "memulai"
- cintai teknologi



Menangkap kupu-kupu

Sewaktu kecil banyak dari kita yang suka menangkap kupu-kupu, terutama anak perempuan. Apakah anda juga punya pengelaman menangkap kupu=kupu seewaktu kecil? Ada yang menangkap kupu-kupu secara langsung dengan menggunakan jari-jari tangannya, atau juga menggunakan alat seperti jaring.

Meski sulit menangkap kupu-kupu ini namun, banyak anak-anak yang senangnya justru menggunakan tangan kosong alias tanpa alat bantu untuk menangkapnya. Tentu saja butuh usaha dan kesabaran yang lebih untuk menangkap kupu-kupu dengan cara ini. Dengan menggunakan jaring tentu akan jauh lebih mudah, tanpa harus mengeluarkan usaha dan kesabaran yang lebih. Malahan kemungkinan untuk mendapatkan kupu-kupu ini akan lebih tinggi, bahkan mungkin menangkap kupu-kupu yang berukuran lebih besar juga memungkinkan.


Dengan cara yang pertama apa yang terjadi?

Kadang saking asyiknya mengejar kupu-kupu itu maka tidak terasa kita mengejarnya semakin jauh dari rumah. Kupu-kupu terus kabur menjauh dan kita tetap saja mengejarnya sehingga kita berlari semakin jauh dan begitu sadar kita sudah berada jauh dari tempat tinggal.

Ternyata dalam mengejar kesuksesan karir, bisnis atau rezeki, kita seperti mengejar kupu-kupu. Semakin lama semakin jauh kita mengejar rezeki, ke luar kota, ke luar negeri bahkan ke tempat-tempat yang jauh. Kadang kita juga tidak sadar bahwa kita sudah terlalu jauh dari cita-cita awal kita. Bahkan sampai meninggalkan keluarga segala. Bukan hanya jauh secara fisik namun bahkan jauh secara emosional dari keluarga kita.


Akan lebih parah lagi bila saking jauhnya kita mengejar kupu-kupu, pada saat kupu-kupu berhasil kita tangkap maka kita masukkan kedalam botol untuk dibawa pulang. eh, ternyata kupu-kupu malah mati dalam perjalanan kita pulang ke rumah... karena perjalanan pulang ke rumah terlalu jauh sehingga butuh waktu lama untuk kembali pulang ke rumah.

Demikian pula dengan rezeki, karir dan bisnis. Saking jauhnya kita mengejarnya maka rezeki yang diperoleh tidak banyak yang bisa kita nikmati karena terlalu banyak ongkos yang kita keluarkan untuk mendapatkannya.

Ada cara lain untuk menangkap kupu-kupu. Kita buat taman bunga yang menarik kupu-kupu di depan rumah pastilah para kupu-kupu itu akan mendatangi rumah kita. Bukan cuma satu namun sang kupu-kupu akan mengajak teman-temannya, jadi akan banyak kupu-kupu yang mendatangi taman bunga kita.Cara ini memang berat karena perlu waktu, biaya, tenaga, upaya dan kesabaran. Namun hasil akhirnya juga lebih baik bukan? kemungkinan besar tidak ada satu pun kupu-kupu yang mati dalam perjalanan.

Mengapa kita tidak melakukan hal seupa dalam menggapi rezeki, membangun bisnis atau karir? berinvenstasi untuk masa depan kita. Luangkanlah waktu, biaya, tenaga, upaya dan juga kesabaran untuk mendapatkan kesuksesan.



2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism