Monday, December 7, 2015

Filled Under: , ,

#sharing

Share
Judul: #sharing
Sub-Judul: 
Pengarang: Handry Satriago
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Umum
Cetakan: 2014

Tags: Inspiration, Life Journey, Sosmed

Saat melihat buku ini pertama kali di toko buku, tidak ada yang menarik perhatian. Hanya ada kata #sharing dan buku yang berwarna ungu. 

Ditaruh di atas tumpukan buku-buku baru makanya justru saya bisa berkesempatan untuk melhat-lihat apa yang ditulis dalam buku ini. Baru lah sesuatu yang menggelitik ingin membacanya. beberapa hal tersebut adalah -

  • format penulisan yang tidak lazim (ada beberapa angka) seperti bukan satu paragraf yang utuh - belakangan saya baru tahu kalo ini memang rangkaian tulisan di twitter yang dilakukan oleh pengarang, formatnya tetap dibuat seperti apa adanya di sosmed tersebut.
  • profil pengarang yang (maaf) menggunakan kursi rodah, selesai menempuh studi doktoralnya di usia 41 tahun dan menjadi CEO GE Indonesia.
  • ada tiga hal yang menjadi perhatian si penarang seperti yang ditulis pada bagian belakang sampul bukunya: cinta pada pendidikan, hormat kepada sains dan hasrat yang menggebu untuk menenukan anak-anak muda yang bertalenta menjadi pemimpin masa depan.

berikut yang saya dapat dari #sharing beliau -

"Share your knowledge. It is a way to achieve immortality" - Dalai lama.
ada 2 kelompok utama dalam sharing -

  1. belajar (yang tidak harus selalu di bangku sekolah)
  2. membagi hasil pembelajaran tersebut pada orang lain


akttifitas ini memerlukan rasa tidak mementingkan diri sendiri dan keinginan orang lain ikut merasakan manfaat dari pengetahuan yang ada.

pembelajaran adalah proses yang berkesinambungan, yang tidak berhenti saat lulus sekolah ataupun sudah menjadi seorang pemimpin. Bahkan, ketika seseorang sudah menjadi pemimpin bagi organisasi atau kelompoknya, proses belajar mereka sesungguhnya banyak terjadi ketika mereka membagi pengetahuannya pada orang lain.

ada sekitar 66 judul @kultweet yang terbagi dalam 4 bab dalam buku ini -

  1. Tentang Perjalanan Hidup
  2. Indonesia dan Dunia yang terus menggelobal
  3. Leadership dan Followership
  4. Seputar Manajemen: Konsep, Teori dan Praktek

membaca buku ini memang seperti membaca celotehan twitter dalam bentuk cetak. 
isi daro kultweet itu yang banyak memberikan ide and insight bagi saya saat membacanya, sangat saya rekomend untuk para pembaca yang ingin mendapatkan insight dari pengalaman penulis dengan gaya bahasa tweeter yang ringan dan to the point


2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism