Sunday, May 17, 2015

Filled Under: , ,

101 Creative Notes

Share
Judul: 101 Creative Notes
Sub-Judul: -
Pengarang: Yoris Sebastian
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: II - Feb 2013

Ini adalah salah satu jenis buku yang unik karena tidak adalah halaman daftar isinya, tampaknya tiap tulisan singkatnya antara yang satu dengan yang lain tidak berhubungan :) 


Namun, setelah membacanya secara simultan mulailah tampak inti sari dari masing-masing tulisan ini. Format penulisan buku ini sangat berbeda dengan buku Yoris sebelumnya yang berjudul Oh My Godness. Cukup menarik dan membuat saya semakin bersemangat untuk menulis buku. Melihat buku ini tampak mudah untuk menjadi penulis nih.

Pada bagian pengantar tertulis bahwa ada 5 hal utama yang terangkai dalam 101 point yang disajikan, yaitu:
1.What You Think
2.What You See and Hear
3.What You Do
4.What You Say
5.What You Feel

Nah berikut beberapa hal yang bisa saya pelajari dan menarik menurut saya.


- Creativity is a Skill - sama dengan belajar naik sepeda, awalnya terasa slit. Namun semakin dilatih, kita semakin mahir dan akhirnya bisa naik sepeda dengan lancar. Bahkan sampai bisa lepas tangan segala.

- Take a break frequently - sering melakukan break ternyata menambah kesegaran otak dan menambah kreatifitas kita juga pada akhirnya, bahkan bila ditotal maka bisa bekerja long hours (walau tidah nonstop). beristirahatlah setelah 1.5-2 jam bekerja nonstop, istirahat dengan melakukan kegiatan yang berbeda dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

- Believe in Process - dengan proses hasil yang kita lahirkan akan lebih matang dan berkualitas. seperti halnya naik sepeda seperti contoh point pertama. Diawali dengan kesulitan dahulu baru dapat menguasai dengan mudah dan bahkan bisa lepas tangan segala.

- Try a Different Angle - contoh kasus adalah consol game Nintendo, saat PlayStation dan Xbox yang sama-sama mengembangkan konsol dengan gambar yang sangat tajam dan 3D menyerupai aslinya, tiba-tiba Nintendo keluar dengan Wii yang gambarny hanya 2D namun ada movement-nya.
Mendadak Nintendo menguasai pasar kembali, tidak lain tidak bukan karena kejelian mereka mencari angle yang berbeda.

- Build Confidence Start Small - Bila ada pertanyaan, @Yoris saya punya ratusan ide kreatif tapi gimana caranya mengimplementasikan ke dunia nyata? Jawab Yoris adalah: Cari ide yang paling kecil dan paling mungkin dijalankan dan segera dieksekusi sebaik mungkin.

- Every Person Have Their Own Limit - "How much is too much?" demikian pertanyaan yang tiba-tiba muncul di benak Jerry Macguire suatu malam dalam filmnya. Pada saat kita sudah mempunyai limit yang kita ciptakan dan accept untuk dirisendiri maka balance of life malah lebih baik lagi.
Justru setelah punya banyak limit, Yoris malah dengan mudah melewatinya. Just like his idol said, "Once we accept our limit, we go beyond them".

- Trust Your Intuition - kalau sudah punya mindset yang kreatif, sudah melakukan kebiasaan-kebiasaan kreatif, sudah banyak memperthatikan hal-hal yang kreatif dan positif di sekitar kita, kini saatnya untuk percaya dengan intuisi kita.
Bukan berarti kita tidak perlu hitungan, namun setelah ada hitungan, maka jangan 100% percaya karena hitungan itu dibuat oelh manusia, sementara intuisi kita buatan Tuhan

Rekomendasi saya adalah baca buku ini sampai tuntas dan anda akan mendapatkan ide, insight maupun pelajaran baru yang bida akan terapkan secara langsung.

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism