Sunday, May 17, 2015

Filled Under: , ,

88 Tips Finansial mengHEBATkan Diri

Share
Judul: 88 Tips Finansial mengHEBATkan Diri
Sub-Judul: -
Pengarang: Putu Putrayasa
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: 2014


Buku ini adalah kumpulan dan rangkuman pengalaman penulis dalam membangun STIEBBANK. Pengalaman inilah yang dituliskannya dalam bentuk buku dan terangkum dalam 88 tips finansial.


Kumpulan 88 tips ini terangkum kedalam 9 sub judul atau kategori dari masing-masing tips yang disajikan -

1.Semua Berasal dari dalam diri
dalam sub bab ini banyak tips tentang perubahan dan apa yang harus dilakukan dari dalam diri kita sendiri. pada dasarnya ada 1 set alat bantu yang harus disiapkan, dimana terdiri dari mindset, skillset, toolset dan actionset. ada 2 quotes yang menarik perhatian yaitu - 

tentang dreams  'membatasi imajinasi Anda berarti menutup pintu bagi kekayaan yang akan masuk ke dalam kehidupan anda. Bukalah pintu selebar mungkin dengan menaikkan batas imajinasi anda secara berkala' dan juga dasar keinginan atau niat untuk melakukan sesuatu 'musim dan zaman sudah, sedanga dan akan terus berubah. Namun, kebaikan dalam hati, pikiran dan tindakan harus terus disemai dan dirawat'

Hal menarik tentang LEVERAGE atau daya ungkit berdasarkan pengalaman penulis yang tertuang dalam quotes yang berbunyi - "keahlian berbicara di muka umum (public speaking) dan menulis menjadi pengungkit luar biasa'

2.Pahami, Rencanakan, dan KendalikanTips di bagian ini adalah lebih tentang masalah finansial dan akuntansi, mindset untuk menahan diri melakukan belanja yang berlebih, belajar akuntansi sederhana untuk menghitung rugi laba, cashflow atau arus kas adalah yang utama - 'Akuntasnsi memberi pemahaman kondisi keuangan bisnis anda untuk keperluan evaluasi, perencanaan dan keselamatan bisnis anda.

Ide yang menarik buat saya adalah tip 21 - sukses dari angka banyak. mulailah segala sesuatunya dengan menempatkan angka yang banyak karena menurut Putu - orang-orang sukses adalah mereka yang bermimpi lebih besar, belajar, bertindak dan berjejaring lebih banyak serta bertahan lebih lama dari yang lainnya.

3.Investasi dan Aset
Anda haruslah bisa membedakan terlebih dahulu pengertian investasi dan aset. Investasi adalah sesuatu yang kita usahakan untuk mendapatkan keuntungan yang dapat dibelanjakan untuk membangun aset kita.

 Aset = Modal+Utang.

Hal pertama yang saya pelajari dari bagian ini adalah - emas, deposito bukan sesuatu yang dapat meningkatkan kekayaan kita secara cepat. pasar uang/saham harus memiliki pengetahuan yang cukup mendalam karena unsur resiko dan fluktuasinya yang cukup besar dengan frekuensi yang tinggi untuk selalu terjadi. Hal ini yang membedakan dengan investasi yang dilakukan di bidang property, dimana harganya yang cenderung naik terus.

Tip yang cukup menarik adalah -

  • - jangan terlalu mengandalkan spekulasi
  • - berinvestasilah 10% dari income anda -WAJIB
  • - mengalokasikan aset kemana saja?
  • - sertifikat lebih berharga dari ijazah
  • - apa yang ada dalam pikiran investor - Tujuan anda berbisnis nantinya

yang paling terpenting adalah investasikan waktu dan uang anda untuk mendapatkan atau meningkatkan pengetahuan finansial anda. Ini adalah investasi yang paling penting dan harus anda lakukan mulai saat ini juga.'ubahlah hasil keringat anda menjadi beberapa investasi yang bisa digulung menjadi sangat besar dan bisa membeli property yang menghasilkan penghasilan pasif bagi anda'.

4.Utang dan Piutang
Utang bedakan antara utang jahat (mengurangi aset dan menambah beban ex.cicilan mobil mewah untuk keprluan pribadi) dan utang baik (membeli kos2an dan hasilnya untuk membayar utang tersebut). Utang bisa menjadi PENGUNGKIT yang membawa anda ke puncak atau juga ke jurang kebangkrutan - janganlah mengambil utang untuk biaya operasional BERBAHAYA!

quotes: Cara Anda mengelola utang, mengalokasikannya ke tempat-tempat yang tepat, akan mempercepat akumulasi kekayaan anda.

Alternatif dari berUTANG adalah KONGSI karean pinjaman akan memperbesar UTANG, kongsi memperbesar modal dan sumberdaya manusia bisnis anda. Namun, Kredibilitas anda adalah pertaruhannya dalam melakukan kongsi ini.

Piutang - bangunlah piutang yang membuat anda pasti untung, bukan 50:50 - ilustrasinya piutang di toko komputer adalah 50:50 karena kita memberikan piutang dan semua benda (komputer, harddisk, baterrE) dibawa oleh orang yang berhutang ke kita. Mengutangkan kapling adalah sebaliknya - aset yang dibeli ada sama kita selama hutang belum lunas, dan tidak dibawa oleh pembeli (tidak kemana-mana) justru bila cicilan tidak berlangsung dengan baik atau wan prestasi maka cicilan yang sudah dibayarkan oleh mereka yang hilang, bukan di pihak kita sebagai penjual.

5.Asuransi dan MLMYAng dapat dipelajari dari Asuransi dan MLM adalah pelatihan sebagai tenaga penjual yang dilakukan kedua organisasi itu cukup baik. karena mereka mengajarkan bagaimna bicara dengan cara empati terhadap calon pembeli, menjual sesuatu dengan image yang untuk sebagian orang tidak terlalu baik (mungkin), bagaimana teknik untuk menghadapi penolakan atau pun mendapatkan informasi tentang kemungkinan kebiutuhan yang dihadapi oleh calon nasabah.

Asuransi dari kacamata pebisnis adalah sebagai pelindung terhadap aset kita - seperti asuransi mobil dan rumah. bila terjadi sesuatu dengan aset tersebut maka kita tidak akan rugi 100%; masih ada yang bisa ter'selamat'kan bila aset tersebut kita asuransikan. MLM - duplikasi adalah nilai terpenting bila tidak mau dibilang inti dari bisnis MLM ini; inilah LEVERAGE - pengungkit dari bisnis MLM, MLM yang memang baik dan benar dengan produk yang bermutu tentunya. Bukan sekadar money game yang meniru cara-cara MLM.

6.Bisnis
Inilah adalah bagian yang paling banyak mendapatkan porsi dalam tips di buku ini. Namun, mungkin juga karena bisnis adalah jawaban dari keinginan kita untuk mempunyai kerajaan sendiri, passive income, financial freedom maupun membangun asset bagi kita. berikut adalah tahapan dalam berbisnis - start-up; growth; stabilize; auto-pilot and glory. Seperti halnya manusia, sebuah bisnis memiliki siklus tumbuh seperti anak manusia. Maka bersabarlah merawat dan melatihnya...'

Beberapa sumber ide bisnis adalah - mulai dari masalah (kekurangan rumah: developer); teknologi terbaru bisa menjadi munculnya ide bisnis baru (smartphone); kreativitas (bolu dari ubi); imajinasi (pesawat terbang) dan perubahan jaman (bisnis toko online). 


Khusus untuk kreatifitas ada beberapa sumber yang bisa didapatkan untuk memunculkan kreastifitas anda yaitu - 
adanya masalah (kebutuhan untuk memberikan solusinya); Goal setting (menemukan cara baru untuk memenuhi tengat waktu); diberi pertanyaan (otak beri pertanyaan untuk menanalisa dengan prinsip 5W+1H); mindmap (merangsang kreatifitas secara visual);MEnulis (saat kita membuat tulisan seringkali akan memunculkan ide-ide baru); Mengajar (tertantang untuk bisa lebih tahu dari yang diajar dan membuat mereka mengerti akan merangsang kreatifitas kita bagaimana cara untuk memenuhinya) - "sudahkah anda berani memulai untuk menyempurnakan ide dan gagasan anda, lalu mengujina hingga benar-benar menjadi kenyataan"

4 Pilar bisnis ala Putu adalah -
1.Pemasaran
2.Financial
3.Business PRocess - produksi
4.Organization - kapasitas organisasi

step yang dilakukannya untuk memulai suatu bisnis baru adalah -

  • mencari market dan menganalisanya; membuat pertanyaan pada banyak orang: apakah ide bisnis ini menarik? disukai banyak orang? siapa saja yang akan tertarik?
  • setelah menemukan ide bisnis berdasarkan analisa poin pertama diaatas; maka selanjutnya adalah membangun tim saya: siapa saja yang akan di ajak?
  • setelah itu langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana proses bisnis atau flowchart - dari bahan hingga profit
  • langkah selanjutnya setelah 3 pilar itu terpenuhi maka barulah dibicarakan masalah finansialnya - bagaimana potensi profitnya

Belajar menjadi kebutuhan utama setelah kebutuhan akan hidup terpenuhi - terutama di era informasi seperti sekarang ini.Perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang banyak orang berpengetahuan terbaru; terupdate; dan diformulasikan dalam strategi perusahaan."KEtika anda belajar dan bertindak lebih cepat, pengalaman anda akan menjadi kekayaan anda" -->Berlatih... uraikan masalah menjadi lebih kecil dari kemampuan anda. Sebaliknya tingkatkan mental dan keahlian anda untuk lebih besar dari masalah.

Dirrensiasi dalam bisnis - kombinasikan nilai tambah yang anda punya. Masukilah dunia baru yang kompetitor perlu belajar banyak dan butuh waktu lama untuk menyaingi anda.

7.Bisnis Properti, Menarik!
Bedakan mitos dengan kenyataan - caranya: harus terjun secara langsung ke bisnis properti. contoh mitos: property tidak likuid - ya bila dijual secara langsung untuk mendapatkan cash; bagaimana dengan cara lain yang tetap memberikan cash - barter (dengan barang yang cepat di jual); sekolahkan ke bank (modal baru); sewakan dengan jangka panjag (kadang tidak tinggi valuenya)

7 Kecerdasan Bisnis Properti
?    Negoisasi
?    Penjualan
?    Perencanaan
?    CAshflow
?    Hukum
?    Konstruksi
?    Operasional

5 Pintu masuk ke bisnis properti
Tepat dalam memilih pintu masuk bisa membuat anda lebih mudah keluar jadi pemenang di bisnis properti
?    Makelar Properti
?    Broker Profesional
?    KAveling dan developer pribadi
?    Developer Korporat
?    Investor

Yang harus ada dalam network anda
Bisnis property jadi ringan, menyenangkan, sekaligus menguntungkan jka anda memiliki banyak tim dari berbagai profesi yang mendukung anda
?    Makelar & Broker profesional
?    Buyer
?    Arsitek
?    Kontraktor
?    Notaris
?    MArketing BAnk
?    Investor
?    Pemilik Property
?    Biro Perizinan-termasuk piha-pihak yang berhubungan dengan perijinan
?    Pengacara
?    Developer

8.Branding
buatlah brand sesederhana apapun produk anda. itu akan membedakannya dengan kompetitor dan mengingkatkan marjin serta kemudahan dalam anda menjual produk/jasa anda; selain itu menyiapkan personal branding; product branding dan corporate branding akan menjadi kekuatan bisnis anda. Komunitas adalah elemen kelimpahan yang pertama.

9.Internet
Jika ingin mempersiapkan keberuntungan melalui investasi kecil, mulailah dengan membangunnya di internet.
Perubahan membawa keberuntungan bagi sebagian orang (yang siap). Sebagian lagi meratapi kemalangannya. Yang mana sedang anda persiapkan?
Bersiap lebih awal menyongsong perubahan membuat kita berpeluang lebih besar memenangi perlombaan
BAngunlah infrastucture yang dapat meledakkan finansial anda melalui internet

3 market besar

  • ?    Woman
  • ?    Youth
  • ?    Netizen

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism