Saturday, May 23, 2015

Filled Under: ,

Propechy

Share
Judul: Propechy
Sub-Judul: Ramalan Ayah Kaya tentang kehancuran bursa saham dan program pensiunan Anda..... dan strategi mempersiapkan diri untuk meraih keuntungan dari kondisi itu.
Pengarang: Robert T.Kiyosaki
Penerbit: PT Gramedia Pusat Utama
Cetakan: III - Jun 2005


1.    background  illustration
Kapal Nab Nuh

Nabi Nuh AS diperintahkn oleh Allah untu membuat kapal besar yang mampu mengangkut umatnya sebanyak mungkin karena akan turun hujan lebat dan banjir bandang yang besar. Nuh memiliki visi yang sangat jauh tentang perintah Tuhannya itu dan dia juga percaya terhadap apa yang didengarnya. Hal ini hanya akan terwujud bila Nuh berani untuk melakukannya --> take action. 3 Hal utama yang dimiliki oleh Nabi Nuh adalah VISI, KEPERCAYAAN dan KEBERANIAN

Pertanyaannya? Pada jaman itu sudah lama sekali tidak terjadi hujan, apalagi banjir. Dan daerah mereka pun berada di daerah padang pasir yang kadang air untuk kebutuhan sehari-hari pun sangat sulit untuk didapat apalagi pada musim kemarau.

Tantangannya? banyak pengikutnya yang tidak setuju dan menganggapnya gila karena menyuruh mereka untuk membuat kapal. walaupun sudah dijelaskan ini adalah persiapan sesuai dengan perintah Allah. ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Namun, karena memang sudah lama tidak hujan banyak umat yang secara logika berpikir banjr tidak mungkin datang.

  • visi
  • kepercayaan
  • keberanian
Ramalan RichDadRamalan Ayah Kaya adalah :
  • kekeliruan konsep ERISA [DPLK] --> bagaimana ERISA memungkinkan masalah financial generasi sekarang dilemparkan ke punggung generasi anak kita
  • suatu kehancuran pasar saham besar akan terjadi - mesti pun sulit menentukan waktu persisnya, kehancuran itu tak terelakkan.
  • satu-satunya cara untuk menyiapkan dan mengambil keuntungan dari kehancuran itu adalah melalui pendidikan melek finansial dan menguasai kendali atas keuangan anda
  • strategi2x financial yang solid dijelaskan untuk membantu anda bersiap diri menghadapi itu.

  • kehancuran pasar saham
  • market sell-off
  • pelepasan saham besar-besaran karena para baby boomer melakkan konversi untuk mendapatkan uang kas. ini salah satu yang membedakan penabung dengan investor.
  • biaya hidup dan kesehatan naik
  • jumlah manusia bodoh akan meningkat

Warren Buffet mengatakan "Fakta bahwa ornag-orang akan serakah, ketakukan dan bodoh itu bisa diramalkan. Yang tidak bisa diramalkan adalah urutannya"
- pendidikan melek financial
- kuasai kendali atas keuangan anda


2.    analisa pasar
 

Kondisi sekarang
secara financial saat ini kita sangat tergantung dengan kertas berharga yang biasa kita sebut uang atau pun saham. Bahkan investasi apa pun namanya [saham, option, reksadana] sangat berkaitan erat dengan kinerjanya di bursa saham. HArga yang terjadi disana sangatlah volatil, sebuah saham bisa langsung anjlok harganya dalam beberapa jam hingga -300% hanya karena adanya sebuah rumors dan pasar memperncayainya sehingga orang berbondong-bondong menjualnya.

Saat ini hampir semua reksadana, DPLK dan produk investasi perbankan, bahkan asuransi dikaitkan dengan bursa pasar saham. Apakah anda pernah membayangkan apa yang akan terjadi bila pasar kolaps? mungkin sebagian dari anda pernah mengalami saat krisis moneter di Indonesia th 2007 dimana inflasi gila-gilaan terjadi dan pasar saham anjlok tidak karuan. Hal inilah yang menjadi titik tolah semua analisa ang dilakukan oleh Rich Dad seingga ia meramalkan bakal terjadi kehancuran di bursa saham dimana ketergantung terhadap bursa saham sudah demikian tinggi

- Cacat Financial
3 cacat utama yang dilihat dari Ayah Kaya tentang bursa saham

  1. Baby boomer menggantungkan pensiunnya di reksadana pada bursa saham, dengan strategy investasi jangka panjang maka mereka akan mulai mencairkan investasinya di bursa saham pada umur 70 th [sesuai dengan rencana investasi pensiun mereka] yang kemungkinan akan secara bersamaan. Anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi di pasar --> supply and demand rules
  2. pendidikan finansial diberikan kepada orang lain --> penasihat keuangan, orang-orang yang akan mendapatkan uang lebih banyak jika investor seindiri tidak terdidik. mereka akan banyak memberikan rekomendasi investasi ke bursa saham, kenapa? karena mereka mempunyai produk yang djual kepada anda di bursa saham itu ex. reksadana
  3. assume: investasi di bursa saham dilakukan berdasarkan asumsi secara jangka panjang investasi dibursa saham adalah menguntungkan -1) Jadi, anda harus melakukan diversifikasi investasi dengan membeli bebrapa reksadana di bursa saham.-2)  --> alih-alih akan membuat investor bangkrut pada waktu bersamaan.

Nasihat Buffet
Warren Buffet mengatakan hal berikut ini mengenai nasihat finansial dari Wall Street

"Wall Street adalah satu-satunya tempat di mana orang-orang datang mengendarai Rolls Royce untuk mendapatkan nasihat dari orang-orang yang pergi ke kantor dengan naik subway."[hal 74]
"Seperti Tuhan, pasar membantu mereka yang sudah terlebih dahulu berusaha" [hal 75]

Nasihat RichDad

Ayah kaya mengatakan, "Setiap makanan atau investasi yang terlalu mudah dibeli, diiklankan secara berlebihan, , dibungkus dalam kemasan-kemasan cantik, lengkap dengan kantor-kantor penjualan dan tenaga penjualan di setiap sudut jalan, barangkali tidak bagus untukmu." Kemudian dilanjutkan dengan "persis seperti makanan yang paling enak, paling sehat dan nilainya terbaik yang pernah akin nilkmati dalam restoran-restoran kecil yang tidak berada di tempat-tempat populer. Beberapa investasi terbaik yang pernah au temukan adalah di tempat-tempat yang tidak banyak dikenal dan kecil yang dikelola oleh para seniman sejati dan jenius berbakat... bukan oleh perusahan-perusahaan besar" [hal 83]

"Jika kamu ingin mendapatkan makanan enak dan investasi bagus, pertama-tama kamu harus tahu makanan enak dan investasi bagus itu seperti apa. Hanya karena sesuatu mudah didapat, tampk cantik, bunyinya merdu, terjangkau dan setiap orang lain membelinya, tida berarti barang itu enak dan bagus untukmu."

 investment [investasi sampah cepat saji]


3.    Investorbeda penabung dengan investor adalah penabung --> merasa aman bila memegang uang kas, bukan ketika memegang reksadana atau saham. Perbedaan antara orang Kaya, Kelas menengah dan Miskin adalah dari orientasi mereka terhadapa suatu masalah – berikut adalah daftar focus dari masing-masing mereka


KAYA
Pendidikan finansial bagus
Membangun Bisnis
Investasi real estate besar-besaran
Dana-dana ekuitas pribadi
Hedge Funds
Manajer keuangan pribadi
Private placements
Kemitraan terbatas
KELAS MENENGAH
Pendidikan bagus
Pekerjaan bergaji tinggi
Profesi
Rumah
Tabungan
Rencana pensiun
Reksadana
Investasi real estate kecil-kecilan
MISKIN
Keluarga besar
Program bantuan pemerintah

4.    Investasi  DIRI SENDIRI

1. Investasi waktuinvestasikan waktu untuk menemukan alasan-alasan jangka panjang maupun pendek tentang mengapa anda ingin mempelajari sesuatu.

2. pelajari hal teknismenginvestasikan waku dalam upaya untuk mempelajari pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan anda. Misal: Investasikan waktu untuk mengikuti kursus membangun bisnis dan berinvestasi di real estate dan bagaimana cara memperdagangkan opsi saham. Investasi di pengetahuan teknis ini akan menghemat waktu karean memberikan bimbingan, memberitahu apa yang harus langsung dilakukan setelah kursus berakhir & memeberikan wawasan berarga dari para pengajarnya.

3. trial & errormeninvestasikan waktu untuk belajar lewat trial & error kehidupan nyata. Langung setelah menyelesaikan kursus teknis, anda harus pergi keluar dan menari pengalaman dan kebijaksaaan anda sendiri. Alasan robert menganjurkan mulai dari yang kecil dan menggunakan uang dalam jumlah kecil hanyalah karena anda akan membuat banyak kesalahan.


5.    Build your  own ships
1. Pertahankan pekerjaan anda,  mulailah bisnis paro waktu
Bangunlah Bisnis sendiri
Membeli Bisnis yang ada
Membeli Waralaba
Multi Level Marketing
2. Berinvestasi dalam property REAL ESTATPutuskan menjadi investor real estate
carilah wilayah titik konsentrasi
cari property yang memenuhi kriteria
rundingkan kesepakatannya
tuntaskan kesepakatan itu
kelolalah property
3. Rencanakan menjadi KAYA  

dan BUKAN menjadi orang berpenghasilan tinggi
Gunakan aturan-aturan kaum kaya, yaitu aturan kuadran B dan I.
4. Memahami cara investor profesional meindungi diri dari keterpurukan pasaridenya adalah menggunakan opsi pada saham untuk mengamankan kertas-kertas berharga tersebut. Pelajarilah cara menggunakan opsi sebagai semacam asuransi, dan anda perlu mempelajari bagaimana para pedagang opsi yang berpengalaman meraup uang dengan resiko sangat kecil dan hasil jauh lebih tinggi.
5. Jangan melakuan DIVERSIFIKASIPada umumnya melakukan diversifikasi investasi hanyalah memperbanyak kertas berharga mereka sperti sector funds, large cap funds, bond funds dan money funds kesemua istilah itu berujung di bursa saham saja. teknik yang lebih baik untuk diversifikasi adalah seperti nasihat ayah kaya --> bangunlah bisnis dan kemudian investasikan keuntungan dari bisnis itu ke dalam real estate. dapatkan passive income dari real estate itu.

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism