Sunday, May 17, 2015

Filled Under: ,

Time is More Valuable Than Money

Share
Judul: Time is More Valuable Than Money
Sub-Judul: Dampak Transportasi pada hidup kita
Pengarang: Yoris Sebastian
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Nov2013


Terus terang pada awalnya buku ini tidak menarik perhatian saya untuk membeli buku, bila iya pun mugkin karena gambar kartun tentang kemacetan di Jakarta (ada monasnya sich...), judul besar yang tertulis Time is Money - saya tebak pasti buku ini bercerita tentang dampak macet dengan ekonomi (?) so... nothing new

Namun saat membaca nama si pengarang, Yoris Sebastian yang dikenal sebagai salah satu manusia kreatif Indonesia, timbul pemikiran yang berbeda dalam otak saya. kira-kira si yoris mau ngomong apa dibuku ini ya? let's buy this book...

Yoris mencoba menceritakan idennya tentang transportasi di Jakarta sebagai alternatif untuk mengefesiensikan waktu tempuh dari satu titik ke titik lainnya karena saat in Time is not Money anymore but. Time is more valuable than money. Time is one of thing that Money can not buy.

Seorang ahli social swedia mengatakan bahwa pekerja yang setiap hari menempuh perjalanan panjang menuju kantor serta mengalami kemacetan, cenderung menderita tekanan darah tinggi dan beresiko terkena serangan jantung. Serta merasakan beban pekerjaan yang lebih berat karena harus kelelahan yang harus dialami selama perjalanan ke kantor sehingga akan memicu tingkat stress yang tinggi.


Susan Charles, seorang profesor psikologi dan perilaku sosiual mengatakan stress karena macet bisa berakibat fatl pada kesehatan mental dan dsmpaknya kan terasa 10 tahun kemudian.

Quotes from Jesse Jackson - Your children need your PRESENCE more than your PRESENT,

- menurut Bambang Susanto dalam bukunya 1001 wajah transportasi kita, saat ini ada kurang lebih 1.000 meotor baru dan 3.000 mobil baru bertambah setiap bulannya di Jakarta.
- hasil study on integrated transportation master plan phase II (SITRAMP II) yang diselenggarakan oleh Bappenas dan JICA pada 2014, kerugian yang dialami masyarakat Jakarta akibat kemacetan mencapai Rp 35 Trilliun per tahun.

Kemacetan yang dialami semakin parah, hal ini membuat beberapa orang melakukan ide kreatif seperti -

  • komunitas nebengers
  • transportasi shuttle bus - dari kompleks perumahan ke kota
  • lyft rideshare service - di US sharing mobil base on ordr di web
  • bicycle share - program ini adalah point to point rental sepeda yang sudah di terapkan di melbourne australia
  • Zip Car - masih di australia, adalah rental mobil dengan cara yang lebih canggih lagi
  • tranportasi air/channal di Jakarat ? kenapa tidak
  • bluebird dengan aplikasi mobile reservation

Menurut Yoris setidaknya ada 4 prinsip yang harus duicapai oleh teknologi transportasi mas depan dlam memnuhi kebutuhan manusia yaitu:
1.Kecepatan
2.Kapasitas
3.Fasilitas dan Pelayanan
4.Integrated System


Anda bayangkanlah bila masalh kemacetan ini teratasi dengan pembenahan dibidang gransportasi maka waktu tempuh dari satu titik ke titik lainnya akan semakin cepat, yang notabene akan berakibat masing-masing kita bakal memiliki lebih banyak waktu untuk to be HEALTHY, to be HAPPY and to be WEALTHY too

Setuju Yoris!










2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism