Sunday, May 17, 2015

Filled Under: ,

Oh My Goodness

Share
Judul: Oh My Goodness
Sub-Judul: Buku Pintar seorang Creative  Junkies
Pengarang: Yoris Sebastian
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: II - Juli 2010


Selesai membaca buku ini terasa mendapatkan informasi baru tentang kreatifitas, darimana hal itu datang dan bagaimana mendapatkan dan menerapkannya. Ide datang baik secara langsung setelah membaca artikel di dalamnya maupun melihat apa yang terjadi dalam kehidupanku sehari-hari. Dimana hal ini aku padankan sebagai contoh dari isi tulisan dalam buku ini.

Pengalaman yang di-sharing di sini betul-betul real dan terasa memang benar adanya d alami oleh si penulis sendiri, tanpa membaca pengakuannya. Kesan itu didapat dari tulisan dalam buku ini akan terasa seperti itu.

Creativity is a habit not genetic
Pablo Picasso - All children are artist. The problem is how to remain an artist once he grows up.

Bila kita ingin menjadi kreatif dan inovatif, kita harus mampu menyeimbangkan kemampuan otak kiri dengan otak kanan. Kemampuan logika, analisa dan matematis harius didukung dengan daya imajinasi yang kuat. Dengan bengitu kreatifitas akan muncul.

creativity that sells! - kreatifitas bisa diibaratkan sebagai seorang gadis cantik. Secantik apapun seorang gadis, bila tidak ada yang mendekati dan melamarnya maka percuma saja bukan? Begitu juga denga kreatifitas, sebagus apa pun kreatifitas namun bila tidak bisa dijual maka hasilnya akan percuma. Karena salah satu indikator kesuksesan sebuah karya adalah berhasilnya karya tersebut 'dijual' pada masyarakat.

karya dari kreatifitas itu haruslah merupakan karya yang 'dekat' dengan masyarakat. Sederhana dan dibutuhkan - sebuah kreatifitas haruslah sesuatu yang dibutuhkan shingga bernilai ekonomis.
sebagai orang kreatif anda harus berbeda dengan orang lain. tetapi perbedaan tersebut haruslah disertai alasan yang tepat. Don't just be different. Be different with reason!
Bagaimana untuk bisa menjadi 'different'? langkah yang harus dilakukan adalah - Break your routine! ingat selalu bahwa Normal is not good! 2 statement itu akan memacu kita untuk selalu berpikir lain dari yang lain alis kreatif.


Knowledge makes your powerfulBill Breen - creativity depends on a number of things: experience, including knowledge and technical skills, talent, an ability to think in new ways, and the capacity to push through uncreative dry spells.

kreatifitas merupakan suatu kemampuan atau skill yang bisa dimiliki oleh siapa saja melalui kebiasaan dan latihan. Ada banyak cara untuk menambah pengetahuan yang akan menunjang kreatifitas seperti -

  • Membaca Buku - recommendation: Edward DeBono (Six thinking hats); Thomas Kelley (The Ten faces of innovation) and Michael Michalco (Thinker Toys)
  • Seminar - cukup mengikuti seminar satu harian maka ilmu tentang satu topik yang kita butuhkan bisa kita dapat. Event seperti ini sangatlah praktis untuk menambah pengetahuan
  • Menonton Film -
  • Bermain Game - selain melatih kreatifitas, game juga melatih untuk berani mengambil resiko, melakukan kesalahan dan tentunya, siap untuk kalah.
  • Notes - Dengan mencatat hal-hal kreatif yang kita temui, wawasan kita akan bertambah luas. Catatlah setiap detil, saat dirumah coba dilihat dan anda akan kagum betapa banyaknya hal-hal kreatif hasil karya orang lain yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya
  • Mendengarkan Musik - backgroun musik saat berpikir akan membantu pemikiran kreatifitas anda. coba dengan jenis musik yang berbeda saat anda mendengarkannya.
  • Slideshare - masuk ke internet dengan keyword ini maka anda akan menemukan ribuan slides presentasi dari berbagai topik. sumber yang bagus untuk mendapatkan ide baru atau belajar pengetahuan baru

Tips - memilih bacaan dari sekian bayak pilihan

  • Lihat apa manfaatnya
  • Mulai dari yang paling menarik
  • Lihat sumbernya - penulisnya
  • Periksa tanggal terbitnya
  • Bacalah dengan cepat - ambil intinya saja

Avoid MeToodIsm
Thomas A.Edison - make it a habit to keep on the lookout for novel and interesting ideas that others have used successfully. Your idea needs to be original only in its adaption to the problem you are working on.

Follower yang copycat tidak akan pernah mampu menyamai leader, apalagi mengunggulinya.Selalu challenge the norms, be miste wants to know everything... cobalah untuk membuat sesuatu yang oxymoron yaitu bertentangan - dari pada menulis tanda terima kasih untuk TIDAK merokok mengapa tidak tuliskan Terima kasih untuk MEROKOK? Cobalah untuk selalu mencoba sesuatu dari arah yang berbeda dari yang biasa kita lakukan,

Be inspired, Don't copy paste - contoh yang mendunia adalah FedEx, sistem yang diterapkan untuk pengiriman barang dengan menggunakan pusat penghubung dianggap sesuatu yang revolusioner di bidang ini. Tahu ngga? kalo mereka ternyata meniru cara kerja yang sudah dilakukan oleh Delta Airlines - hanya saja mereka menerapkannya di industri logistik.


Practice makes perfectAnonymous - if you learn by the book, you are the people. If you lear by experience, you are the master.
 

Think Big Start Small - Prinsip penerapannya adalah kalau kita ingin membangun perusahaan, jangan ingin cepat besar tetapi mulailah dari langkah-langkah kecil yang terus menerus diperbaiki. Learn from other industri - seperti yang dilakukan FedEx dalam contoh diatas.

Salah satu latihan yang terbaik adalah belajar dari para market leader dari berbagai industri yang berbeda. Seringkali kita mendapatkan banyak inspirasi yang bisa dijalankan di industri kita sendiri. Hal kecil yang baik anda lakukan mulai sekarang adalah Record Our own creative Idea, apapun saranya untuk mencatatnya - beberapa hal yang perlu dicantumkan adalah waktu, tempat, ide yang muncul dan kreatifitas apa yang bisa dikembangkan. Do not kill ideas, bila sekarang tidak relevan atau tidak dapat diwujudkan maka tempatkanlah pada 'wadah' khusus seperti hardisk anda.

Hal lain yang juga mumpuni sebagai tempat belajar adalah learn from our mistakes! hal lain yang bisa memacu adrenalin kreatifitas anda adalah cobalah bermain dengan kata - bayangkan apa saja yang bisa anda lakukan kata ladies night? ide apa saja yang anda punyai?

contoh
kata asal - ladies night
kata hasil kreatifitas - ladies on top
ide baru yang ingin diterapkan - konsep pengembangan dari ladies night yakni memberikan fasilitas istimewa bagi para customer wanita di mana hanya wanita (ladies) yang boleh naik ke lantai atas (on top) untuk menonton konser musik


Become an apprentice4 tipe pembelajar yang biasanya dimiliki oleh seseorang adalah -

  1. Tipe terminal - biasanya tidak proaktif, menunggu untuk diberitahu, menyukai orang lain memberitahukan padanya apa yang perlu mereka ketahui dan pikirkan.
  2. Tipe Tangga - seperti halnya tangga, tipe ini harus belajar step by step, diperlukan materi belajar yang runut dan tutorial.
  3. Tipe Atap - tipe ini ingin langsung melihat gambaran secara umum tanpa harus tahu detailnya. Scara belajarnya tidak perlu dan harus runut namun sangat berorientasi pada hasil akhirnya.
  4. Tipe Puzzle - biasanya rasa ingin tahunya besar, memorinya bagus dan pengetahuan umumnya sangat baik. suka untuk mengumpulkan fakta dan gambaran untuk selanjutnya menyatukannya dalam suatu kerangka dan menganalisanya.

sebagai orang yang kreatif maka dituntut untuk dapat berpikir analitis dan juga kreatif. ada banyak cara belakar yang bisa kita gunakan yaitu -
- mengingat
- mendengarkan
- berimajinasi dan melihat
- bertanya
- menginterpretasikan
- membentuk sebuah bukti, petunjuk, fakta dan data
- mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada
- membuat catatan, berbicara, menulis dan diskusi
- menggunakan perasaan, memaki undera, menggunakan empati
- melakukan, bereksperimen

langkah selanjutnya adalah - Find your mentor
arthur koestler - creativity is a type of learning process where the teacher and pupil are located in the same individual.
mentor tidak harus formal dan dibayar, namun bisa juga orang yang lebih senior di dalam pekerjaan. namun bagi penulis mentor adalah prasyarat mutlak untuk berhasil.
setidaknya ada 3 jenis mentor yang bisa kita datangi untuk mengembangkan kreatifitas -

  1. mentor profesional - orang atau perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi
  2. mentor di tempat kerja - bisa atasan langsung anda atau rekan kerja anda, bisa meminta saran dan/atau masukan dari mereka.
  3. mentor non formal - orang yang kita datangi tanpa membayar. Jangan dulu pesimis sebelum mencoba karena seringkali orang tidak mau berbagi ilmu karena kita sendiri tidak mau bertanya

Mentoring steps nya adalah -
- cari orang yang paling tahu mengenai bidang kerja anda
- buat komitmen untuk bertemu
- dengar dan catat
- buat perbandingan (second opinion)
- Implementasi
- start as soon as you can


Create your creative habitat
Alan Alda - the creative is the place where no one else has ever been. You have to leave the city of your comfort and go into the wilderness of your intuition. Waht you'll discover will be wonderful. What you'll discover is yourself.

salah satu cara mendapatkan ide kreatif adalah dengan melakukan brainstorming. Berikut tahapan yang bisa dilakukan untuk melakukan brainstorming -

  1. kumpulkan semua orang yang inging anda explore ide-idenya
  2. undang mereka ke tempat yang membuat mereka merasa fresh. cafe, hotel atau tempat hiburan --> tujuannya adalah agar saat pelaksanaan brainstorming peserta dalam keadaan segar dan fun sehingga ide-ide akan muncul
  3. ajukan permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan
  4. minta semua orang berpikir dan kemudian ajukan ide-idenya. apapun ide yang muncul harus dicatat tanpa dibantah atau dibatasi
  5. setelah semua ditulis. maka diskusikan ide mana yang paling mungkin dilaksanakan
  6. ambillah dua atau tiga ide yang paling mungkin untuk dibawa ke rapat di level manejerial yang lebih tinggi berdasarkan pilihan terbanyak

Thinking out of the box  execute inside the boxHenry Ford - thinking is the hardest work there is, that's why so few partake in it

berpikir diluar kebiasaan akan sulit apalagi menjadi kreatif bila kita tidak mau membuka pikiran (open mind) seluas-luasnya. Inovasi muncul dari kreatifitas dan untuk kreatif kita harus thinking out of the box.
belajar dari sejarah - ditengah keterbatasan, orang justru bisa jadi kreatif. Keterbatasan waktu dan fasilitas seringkali mendorong seseorang untuk berpikir lebih keras dan menghasilkan inovasi-inovasi baru.Dari sesuatu yang mepet, keluarlah ide brilian. Keterbatasan atau keterdesakan ternyata membuat adrenalin untuk kreatif meningkat.


eksekusi inside the box adalah dengan cara Planning Your Project. Tahapan-tahapan yang bisa kita lakukan dalam membuat perencanaan adalah -

  1. putuskan tujuan jita kemana (tujuan akhir dari project)
  2. outuskan bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada
  3. tuliskan sumber daya apa saja yang kita butuhkan untuk menunjang keberhasilan rencana kita
  4. buatlah tahapan-tahapan pelaksanaan secara realistis dari mulai persiapan sampai evaluasi dan pelaporan
  5. berikan tenggat waktu atas setiap tahapan pelaksanaan yang direncanakan
  6. buatlah sistem pelaporan atas setiap kemajuan dari rencana yang telah dibuat
  7. tahap akhir - evaluasi atas hasil kerja kita.
  8. buatlah proposal dan presentasi untuk diajukan dalam rapat pada level yang lebih tinggi

bagian terakhir dari tahapan ini adalah memanage atau mengorganisir project ini dengan baik. Kenapa harus mementingkan management dalam pelaksanaan pekerjaan? karena 'execution is the king'
berpikir boleh out of the box tapi yang dipilih untuk dieksekusi harus yang inside the box seperti Harry Houdini yang selalu berhasil mencari jalan keluar dari box dalam keadaan terikat.


Creativity as a problem solverRosabeth Moss Kanter - creativity is looking at the world through a kaleidoskop. You look at a set of elements, the same ones everyone else sees, but the reassemble those floating bits and pieces into an enticing new possibility.

dengan berpikir kreatif kita bisa memecahkan beragam masalah yang ada di sekeliling kita. yang penting adalah bagaimana kita lebih sensitif. Jadi, pada saat ingin melakukan suatu inovasi, terkadang kita perlu keliling dan melihat masyarakat di sekitar kita. Sebab menjadi problem solver adalah tujuan akhir dari rangkaian berpikir kreatif.
JAdi, jika banyak orang bingung bagaimana sich caranya jadi orang yang kreatif? sebenarnya simple saja, jadilah problem solver.

problem solving approach - setidaknya ada lima langkah yang bisa kita lakukan yaitu -

  1. identifikasi dan analisa masalah
  2. penentuan alternatif pemecahan masalah
  3. evaluasi terhadap pilihan berdasarkan batasan-batasan yang ada
  4. identifikasi pilihan
  5. rencana implementasi

Calculated risk cultureDevil's Advocate - someone who takes a position he or she doens not necessarily agree with for the sake of arguments - terkadang kita perlu orang seperti ini, terutama untuk dapat prepare terhadap resiko yang akan kita hadapi. Resiko dapat berakibat fatal terhadap dua hal, pertama memunculkan ketidakpastian dan kedua menimbulkan kerugian.

Dalam teori management dikenal 4 macam resiko yaitu -

  • resiko operational, resiko dari pelaksanaan pekerjaan
  • resiko hazard, resiko yang timbul dari suatu kejadian yang di luar kemampuan kita untuk menanganinya
  • resiko finansial, terkait masalah pendanaan
  • resiko strategik, muncul akibat kesalahan strategi dalam perencanaan

manage your risk - adalah metodologi atau pendekatan terstruktur dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman yang mungkin muncul saat melakukan suatu pekerjaan. resiko biasanya dikategorikan dalam tiga jenis yaitu:
1.resiko yang sudah diketahui
2.resiko yang dapat diramalkan
3.resiko yang diluar dugaan

dalam terori manajement, strategi sistematis yang disarakan oleh Yoris adalah mengacu pada tahap-tahapan sebagai berikut:

  • cobalah diidentifikasikan resiko potensial yang mungkin muncul dan hitung probabilitasnya
  • urutkan resiko berdasarkan tingkat kepentingannya (mana yang paling mungkin terjadi)
  • buat plan B. rencana laternatif, bila suatu masalah terjadi rencana apa yang akan anda lakukan
  • siapkan alat dan sumberdaya untuk mengantisipasi setiap kemungkinan termasuk kemungkinan terburuk
  • susulah strategi penanganan resiko jauh-jauh hari sebelum pekerjaan dimulai

risk management yang Yoris terapkan adalah 70:20:10 dimana 70% digunakan secara aman, 20% untuk sesuatu yang inovatif namun beresiko kecil dan sisanya 10% untuk melakukan sesuatu yang inovatif namun resikonya besar juga

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism